Malang (ANTARA News) - Pemerintah Kota Batu, Jawa Timur, dalam waktu dekat ini akan menggratiskan biaya transportasi bagi wisatawan yang berwisata ke sejumlah objek wisata di kota itu.

"Kami akan bekerja sama dengan pengusaha angkutan kota (angkot) untuk mengantar wisatawan ke objek-objek wisata yang diinginkan. Harapannya tahun depan sudah terealisasi, sebab kebijakan ini untuk memberdayakan angkot yang akhir-akhir ini jumlah penumpangnya terus menurun," kata Wali Kota Batu Eddy Rumpoko di Batu, Rabu.

Selain memberdayakan angkot, katanya, pemkot juga akan memberikan pelayanan maksimal kepada wisatawan yang mengunjungi berbagai objek wisata di Kota Batu dengan transportasi gratis, termasuk desa-desa wisata, sehingga wisatawan tidak perlu lagi menggunakan kendaraan pribadi.

Eddy mengatakan tujuan memberikan pelayanan transportasi gratis itu agar wisawatan tertarik menikmati objek wisata yang ada, terutama potensi di desa wisata. Selain itu, juga bertujuan mengurangi kepadatan arus lalu lintas yang selalu padat saat liburan.

Untuk merealisasikan kebijakannya tersebut, katanya, dirinya akan melakukan komunikasi dengan para pengusaha dan paguyuban sopir angkot. Komunikasi dan koordinasi itu guna membahas kesepakatan anggaran yang diperlukan agar pengusaha dan paguyuban mau terlibat aktif.

Setelah dibicarakan dan dimatangkan dengan para pengusaha dan paguyuban sopir angkot, lanjutnya, nominal anggaran itu akan diajukan ke DPRD. Hanya saja, anggaran tersebut disesuaikan dengan kemampuan APBD Kota Batu.

Sebelumnya, Eddy juga mengeluarkan kebijakan menggratiskan transportasi untuk siswa. Tujuannya, para siswa mendapat kenyamanan saat pergi dan pulang ke sekolah, bahkan bisa mengurangi pengeluaran transportasi.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Batu, Cahyo Edi Purnomo memberikan dukungan dan mengapresiasi rencana tersebut sepanjang ada perencanaan yang bagus.

"Kami akan bahas soal tarnsportasi gratis ini, baik untuk siswa sekolah maupun wisatawan setelah alat kelengkapan dewan terbentuk dan kami selalu mendukung upaya pemkot untuk memperbaiki kota ini, terutama memberi fasilitas umum yang maksimal kepada masyarakat," tegasnya.

Lokasi wisata di Kota Batu cukup beragam, di antaranya wisata alam yang ada di Selecta, Songgoriti, rafting di sejumlah lokasi serta wisata buatan, seperti di Jatim Park 1 dan 2, Museum Angkut, BNS dan beberapa lokasi wisata petik buah di desa wisata.

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014