London (ANTARA News) - Gelandang Swansea dijatuhi hukuman oleh Badan Sepak Bola Inggris (FA) atas tindakan yang dilakukannya dalam sebuah insiden di kala timnya digulung Liverpool 4-1 di Anfield, Selasa pagi WIB.

Shelvey terlihat mengayunkan lengannya ke belakang dan mengenai wajah pemain bertahan Liverpool Emre Can dalam laga tersebut, meski mantan punggawa Merseyside Merah itu lolos dari jeratan hukuman wasit Andre Marriner.

Akan tetapi FA kemudian melakukan pengamatan ulang terhadap tayangan insiden itu, dan kemudian menjatuhkan hukuman kepada Shelvey.

"Pemain Swansea City, Jonjo Shelvey, pada Selasa telah dijatuhi sanksi oleh FA akibat tindakan tidak terpuji yang dilakukannya saat menghadapi Liverpoo," demikian pernyataan resmi FA.

"Insiden itu luput dari penglihatan ofisial pertandingan namun terekam dalam video, yang berlangsung saat pertandingan kedua tim di Anfield, Senin 29 Desember 2014 (waktu setempat).

"Shelvey memiliki kesempatan hingga Rabu 31 Desember 2014 pukul 18:00 waktu Inggris untuk menjawab hukuman."

Sebelumnya Shelvey sudah mendapatkan kartu merah musim ini saat menghadapi Everton awal November 2014 lalu, dan ia terancam larangan tampil empat pertandingan, sejak laga melawan QPR pada Hari Tahun Baru.

Pun demikian, Shelvey sebetulnya sudah terlebih dahulu mengungkapkan bahwa dirinya tidak bersalah melalui akun Twitter miliknya seusai laga di Anfield.

"Hanya ingin mengatakan saya tidak secara sengaja menyikut Emre Can - saya hanya mengangkat lengan hanya untuk berputar melewatinya. Terlihat seperti saya berusaha mencederai pemain lain dan saya bisa pastikan tidak demikian keadaannya. Dan saya sudah minta maaf kepada Emre Can atas itu," demikian tulis Shelvey.

Pembelaan juga datang dari pelatih Swansea, Garry Monk, yang menilai Shelvey sepatutnya lolos dari jeratan hukuman, setelah ia menyaksikan tayangan ulang insiden dalam perjalanan pulang dari Liverpool.
"Ada gerakan yang mengarah kepada pemain, namun itu tidak jelas. Saya bicara kepada Jonjo (Shelvey) dalam perjalanan pulang dan ia bilang tidak ada niat untuk menyikut lawannya," katanya.

Sementara itu, sayap Liverpool Raheem Sterling lolos dari hukuman FA setelah ia melakukan kontak fisik dengan pemain belakang Swansea Federico Fernandez pada laga yang sama.

Pemain tim nasional Inggris itu menaikkan tangannya ke wajah Fernandez, namun FA memutuskan tidak memperpanjang persoalan itu, demikian Sky Sports.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014