Los Angeles (ANTARA News) - Film yang dibintangi oleh Liam Neeson, "Taken 3" menduduki peringkat pertama bioskop Amerika Serikat dan Kanada.

"Taken 3", yang dirilis 9 Januari, memperoleh 40,4 juta dolar dari penjualan tiket selama akhir pekan.

Film berbiaya 48 juta dolar ini melebihi ekspektasi 20th Century Fox dan Box Office Mojo yang meramalkan akan mendapat 28 juta dolar pada pekan pertama pembukaan.

President Distribusi Domestik Fox Chris Aronson mengatakan perolehan ini disebabkan oleh popularitas tokoh Bryan Mills yang disebutnya "menarik bagi pria maupun wanita".

Selain itu, merilisnya setelah gempuran film akhir tahun juga cukup membantu, kata Aronson.

"Taken 3" menceritakan petualangan mantan agen CIA Bryan Mills (Neeson). Mills dikejar karena disangka melakukan pembunuhan.

Film "Selma" berada di urutan kedua dengan pendapatan 11,3 juta dolar selama akhir pekan lalu.

Film berbiaya 20 juta dolar ini keluar pada Desember lalu dengan pemutaran terbatas dan pekan ini merambah hingga 2.200 teater.

Film ini menceritakan perjalanan Martin Luther King Jr (David Oyelowo) pada tahun 1965 dari Selma ke Montgomery, Alabama untuk memperjuangkan hak pemilih kulit hitam.

Film yang masuk nominasi Golden Globe 2015 kategori Drama Terbaik ini diproduseri oleh Oprah Winfrey, yang juga bermain dalam film tersebut.

Posisi ketiga ditempati oleh "Into The Woods" dengan perolehan 9,8 juta dolar. Film yang dibintangi Emily Blunt dan Meryl Streep ini sekarang meraih total 105 juta sejak keluar pada Natal lalu.

Sementara itu, "The Hobbit: The Battle of The Five Armies" menghasilkan 9,4 juta dolar setelah berhasil menjadi juara selama tiga minggu berturut-turut.

Sekuel terakhir dari trilogi "The Hobbit" ini total meraih 236,5 juta dolar sejak dibuka pada 17 Desember.

Posisi kelima diduduki oleh film "Unbroken" keluaran Universal Pictures.

Film yang menceritakan kehidupan atlet lari Olimpiade yang juga penyintas tahanan perang (POW) Louis Zamperini ini memperoleh 8,4 juta dolar.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015