...
Banyuwangi, Jawa Timur (ANTARA News) - Setelah melewatkan hari-hari penuh keseriusan dalam latihan bersama bertajuk Lantern Iron 15-5524, tiba saatnya melewatkan seremoni bersama berlatar kepedulian pada lingkungan hidup.

Demikianlah, personel Intai Amfibi Korps Marinir TNI AL dan pasukan khusus Korps Marinir Amerika Serikat, US Marine Special Operation Command (US MARSOC), melepasliarkan tukik pada hari terakhir latihan bersama pasukan kedua negara di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat.

Pelepasan anak penyu ke laut itu dilakukan sebelum penutupan Lantern Iron 15-5524 yang dipimpin Wakil Asisten Operasi Kepala Staf TNI AL, Laksamana Pertama Didik Wahyudi, di Pusat Latihan Tempur Korps Marinir Lampon, Pesanggaran, Banyuwangi.

Tukik-tukik yang dilepas segera bergegas menuju gelombang-gelombang laut di butir-butir pasir pantai landai itu, selepas dari jari-jari personel-personel militer profesional kedua negara yang membebaskan mereka menuju habitat alaminya. Selain pelepasan tukik, prajurit Marinir kedua negara juga menanam pohon kelapa di sekitar pantai itu plus.

Seusai latihan itu, Wahyudi menyatakan, "Sehingga pengalaman dan pengetahuan tersebut dapat dijadikan sebagai modal dalam menunjang pelaksanakan tugas pokok di satuan masing-masing."

Menurut dia latihan bersama itu, selain bertujuan meningkatkan keterampilan dan profesionalisme prajurit, juga untuk menciptakan hubungan persaudaraan erat antara pasukan kedua negara, sehingga kerjasama militer di bidang pertahanan dapat diwujudkan.

Ia mengemukakan hubungan kerja sama kedua negara dalam bidang latihan sudah lama terjalin, namun diharapkan agar ke depan hubungan baik tersebut terus ditingkatkan dengan menyelenggarakan latihan demi latihan, sehingga doktrin dan persepsi tentang pelaksanaan operasi amfibi dapat disinergikan.

Sampai jumpa pada latihan bersama Korps Marinir TNI AL-Korps Marinir Amerika Serikat mendatang.

Pewarta: Masuki M Astro
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015