Keterlibatan KPK dalam Pilkada serentak kali ini akan memberikan nuansa pelaksanaan yang semakin berkualitas dan berwibawa,"
Surabaya (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya menyatakan siap menjadi lokasi percontohan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Berintegritas 2015 sebagaimana yang digagas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ketua KPU Kota Surabaya Robiyan Arifin, di Surabaya, Senin mengatakan dari proposal yang diterima KPU Kota Surabaya, rencana peluncuran program Pilkada Berintegritas 2015 dari KPK itu akan dilaksanakan Juni 2015.

"Untuk saat ini program itu akan dimulai dengan sosialisasi terlebih dulu," katanya.

Menurut dia, Program Pilkada Berintegritas 2015 digagas KPK dengan tujuan untuk memastikan rangkaian kegiatan Pilkada Serentak 2015 bisa berlangsung secara bersih dan berintegritas.

Cara yang ditempuh, lanjut dia, adalah dengan menanamkan nilai-nilai integritas bagi Calon Kepala Daerah, Penyelenggara Pilkada dan masyarakat pemegang hak pilih.

"Alhamdulillah ini merupakan kepercayaan yang luar biasa karena dari 260 daerah penyelenggara pilkada tahun ini terpilih 2 daerah untuk lokasi sosialisasi dan salah satunya itu adalah Kota Surabaya," katanya.

Menurut dia, tim sosialisasi KPK akan berkunjung ke KPU Kota Surabaya pada Selasa (26/5). "Terus terang kedatangan KPK terkait program tersebut sangat selaras dengan visi dan misi KPU Kota Surabaya dalam menyelenggarakan pilkada kali ini," ujarnya.

Robi menegaskan KPU Kota Surabaya sangat siap menjadi percontohan penerapan dan pelaksanaan program Pilkada Berintegritas 2015.

"Pada prinsipnya KPU Kota Surabaya siap lahir batin bila akan dijadikan lokasi percontohan dalam pelaksanaan program Pilkada Berintegritas 2015 yang digagas KPK," ujarnya.

Ia menambahkan Program Pilkada Berintegritas 2015 ini akan melibatkan sejumlah pihak. Selain KPK, juga akan melibatkan KPU, Bawaslu serta perwakilan masyarakat dan tidak ketinggalan media massa.

"Keterlibatan KPK dalam Pilkada serentak kali ini akan memberikan nuansa pelaksanaan yang semakin berkualitas dan berwibawa," katanya. 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015