Kalau anak sebaiknya jangan diajak naik motor
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengimbau masyarakat agar anak-anak tidak diajak mudik dengan menggunakan sepeda motor, karena dinilai membahayakan keselamatan mereka.

"Kalau anak sebaiknya jangan diajak naik motor. Terbayang tidak kalau misalnya di tengah jalan lelah, dipaksa jalan supaya cepat sampai bisa terjadi sesuatu hal-hal yang tidak kita harapkan karena kelalaian-kelalaian," kata Mensos di Jakarta, Jumat.

Kelalaian yang dimaksud Khofifah antara lain seperti kelebihan kapasitas hingga kecepatan yang tidak terkendali karena mengharapkan cepat sampai tujuan sementara jarak yang jauh menyebabkan kelelahan.

Mudik menjadi tradisi masyarakat Indonesia untuk kembali berkumpul bersama keluarga di kampung halaman masing-masing saat Hari Raya Idul Fitri.

Masyarakat melakukan berbagai upaya agar bisa mudik dan memanfaatkan segala macam alat transportasi termasuk sepeda motor untuk mudik.

Menurut Mensos, untuk mendukung lancarnya perjalanan mudik, maka Kementerian Perhubungan menyiapkan tempat peristirahatan termasuk juga untuk pemudik dengan sepeda motor.

"Dalam rapat terbatas kemarin dilaporkan begitu, disiapkan rest area yang juga menyediakan konseling dan tempat bermain anak, sehingga anak tidak stres karena kelelahan," kata Mensos.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015