Jakarta (ANTARA News) - Memperingati HUT Republik Indonesia ke-70, Google ingin memberikan apresiasi bagi anak-anak bangsa yang berhasil menciptakan dan mengembangkan Aplikasi populer di Google Play.

Siaran pers Google Indonesia, Kamis, menyebutkan bahwa lima aplikasi ini adalah kreasi lokal dengan popularitas tertinggi di antara pengguna Android di Indonesia. Kreasi mereka menunjukkan keragaman wisata, budaya dan memudahkan pengguna menjalani rutinitas seperti melaporkan masalah dan mendapatkan bantuan transportasi.

Google Play terus membantu pengembang-pengembang lokal di Indonesia untuk menunjukkan kreasi mereka kepada dunia, sekaligus membantu memberikan pengalaman yang lebih baik bagi para pengguna smartphone. Lima aplikasi tersebut adalah:

1. Wisata Lokal

Bagi yang berencana untuk menjelajahi Tanah Air, aplikasi ini memiliki informasi yang komprehensif mengenai destinasi wisata lokal. Data yang mereka antara lain seperti atraksi wisata berdasarkan provinsi, taman nasional, dan pulau, lengkap dengan foto, peta, ulasan pengunjung, dan fitur untuk berbagi informasi lewat media sosial.

2. Qlue: Jakarta Smart City

Dengan menggunakan foto dan lokasi, Qlue adalah aplikasi media sosial yang memberikan kemudahan bagi pengguna untuk melaporkan dan mendiskusikan masalah pada lingkungan sekitar mereka, seperti sanitasi dan jalan rusak.

Bekerja sama dengan pemerintah DKI Jakarta untuk mengembangkan program Jakarta Smart City, aplikasi ini membantu pemerintah dalam memonitor dan menyelesaikan masalah-masalah yang dilaporkan. Qlue juga membantu pengguna menemukan bisnis di sekitar mereka, di mana pengguna bisa memberikan ulasan agar bisnis-bisnis tersebut bisa semakin berkembang.

3. PicMix: Collage Photo Maker

Dengan fitur frame dan stiker yang kreatif, PicMix membuat pengalaman berbagi foto ke media sosial dan aplikasi chatting lebih menyenangkan.

4. Go-Jek

Google Indonesia menyebutkan bahwa pengalaman "abang ojek" menjadi jauh lebih berbeda, baik saat harus pergi ke suatu tempat, mengantarkan barang, hingga membeli makanan yang Anda inginkan kapan saja. Aplikasi Go-Jek di Android membuat pengalaman ini menjadi dua kali lipat lebih nyaman, cepat dan mudah diakses.

5. Traveloka App

Selain menawarkan harga yang kompetitif, Traveloka juga memiliki faktor lain yang membuatnya sangat populer bagi pengguna Android, yakni adanya informasi tampilan harga net. Artinya, tidak ada lagi biaya tambahan atau tersembunyi yang perlu dibayarkan. Traveloka App juga memberikan kemudahan penggunanya untuk booking hotel dan informasi tiket pesawat murah.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015