Kami tidak dapat berbuat banyak mengatasi daftar tunggu karena kuota haji sepenuhnya diatur oleh Kementerian Agama pusat...
Sampit (ANTARA News) - Calon jemaah haji Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah bertambah sedikitnya enam orang dari kuota sebelumnya 125 orang.

"Keenam orang calon jemaah haji tambahan tersebut merupakan lanjut usia 60-89 tahun, dan mereka masuk dalam daftar tunggu," kata Samsudin kepada wartawan di Sampit, Rabu.

Dengan adanya tambahan kuota tersebut, jumlah calon jemaah haji Kabupaten Kotim yang akan berangkat ke tanah suci Makkah saat ini ada sebanyak 131 orang.

Samsudin mengungkapkan, jika seluruh persyaratan haji dapat terpenuhi, tidak menutup kemungkinan calon jemaah haji Kabupaten Kotim akan bertambah lagi dua orang.

"Seblumnya kuota Jemaah haji Kotim 2015 ada sebanyak 128 orang, namun karena sesuatu dan lain hal ada yang mengundurkan diri, hingga tersisa 125 orang dan dalam perkembangannya pemerintah pusat memberikan kuota tambahan sebanyak enam orang," terangnya.

Samsudin mengungkapkan, calon jemaah haji yang mengundurkan diri berhalangan karena ada yang baru melahirkan, kemudian hamil tua.

Selain itu ada yang ingin berbarengan dengan keluarganya, sehingga menunggu keberangkatan selanjutnya.

Lebih lanjut Samsudin mengatakan, saat ini daftar tunggu calon haji di kabupaten Kotim mencapai 2.000 orang.

Jumlah tersebut diperkirakan baru akan habis antara 19-20 tahun ke depan.

"Kami tidak dapat berbuat banyak mengatasi daftar tunggu karena kuota haji sepenuhnya diatur oleh Kementerian Agama pusat, kita hanya menjalankan," ucapnya.

Pewarta: Untung Setiawan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015