Untuk jumlah hotspot memang terus mengalami penambahan dimana hingga hari ini, berdasarkan pantauan satelit Citra Modis, jumlah titik api mencapai 123 titik tersebar di beberapa daerah di Kalbar,"
Sungai Raya, Kalbar (ANTARA News) - Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Supadio Pontianak mengatakan hingga Senin hari ini jumlah titik api di Kalimantan Barat terus bertambah dengan total 123 titik.

"Untuk jumlah hotspot memang terus mengalami penambahan dimana hingga hari ini, berdasarkan pantauan satelit Citra Modis, jumlah titik api mencapai 123 titik tersebar di beberapa daerah di Kalbar," kata Prakirawan BMKG Supadio, Dina di Sungai Raya, Senin.

Dia menjelaskan, titik api terbanyak berada di Kabupaten Ketapang, dengan jumlah 96 titik api, kemudian di daerah Melawi sebanyak tujuh titik, Sintang enam titik, Sambas dan Kapuas Hulu masing-masing empat titik, Sanggau tiga, Bengkayang dua dan Sekadau satu titik api.

Untuk jarak pandang pada malam hari mencapai tiga sampai lima Kilometer dan pada pagi hari mencapai 1,5 Kilometer.

"Jarak pandang itu memang masih aman untuk transportasi penerbangan. Namun, jika titik api terus bertambah, kemungkinan besar dalam beberapa hari ke depan, jarak pandang akan semakin menurun, terutama pada pagi dan malam hari," tuturnya.

Terkait hal itu, dia mengimbau kepada masyarakat Kalimantan Barat agar tidak melakukan pembakaran lahan, karena akan berpengaruh buruk pada kualitas udara dan dapat mengganggu transportasi penerbangan.

"Sedangkan untuk potensi hujan dalam tiga hari ke depan masih tidak ada. Kalaupun ada hujannya dimulai dari Kalbar bagian Utara, namun potensinya masih kecil," kata Dina.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015