Posko kesehatan ini untuk membantu petugas yang tengah memadamkan api di lokasi kebakaran hutan dan juga untuk membantu masyarakat di sekitar lokasi yang terdampak kebakaran,"
Sukabumi (ANTARA News) - Puluhan relawan dan petugas Palang Merah Indonesia atau PMI Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat membuka posko kesehatan di lokasi kebakaran hutan seperti kebakaran yang melanda Suaka Margasatwa Cikepuh.

"Posko kesehatan ini untuk membantu petugas yang tengah memadamkan api di lokasi kebakaran hutan dan juga untuk membantu masyarakat di sekitar lokasi yang terdampak kebakaran," kata Humas PMI Kabupaten Sukabumi Atep Maulana di Sukabumi, Rabu.

Menurut dia, di posko kesehatan itu juga disediakan berbagai fasilitas, mulai dari tempat istirahat, pemeriksaan kesehatan dan juga disediakan obat yang diperlukan baik oleh petugas maupun masyarakat. Akibat kebakaran hutan itu, tidak menutup kemungkinan ada petugas yang tengah memadamkan api terganggu kesehatannya karena banyak menghirup asap maupun mengalami kecelakaan.

PMI juga menyediakan masker gratis untuk warga karena asap di lokasi kebakaran hutan cukup pekat sehingga bisa mengganggu kesehatan masyarakat. Relawan yang disiagakan juga siap membantu siapapun yang membutuhkan dan juga ikut dalam proses pemadaman kebakaran hutan.

"Tanki air yang kami miliki juga siap dioperasionalkan untuk menyalurkan air bersih dan mengambil air untuk memadamkan api," tambahnya.

Atep mengatakan selama musim kemarau ini cukup banyak terjadi bencana khususnya kebakaran, baik kebakaran rumah maupun hutan karena kondisi cuaca yang kering sehingga meningkatkan potensi terjadinya kebakaran. Ada 40 orang petugas dan relawan PMI yang disiapkan untuk operasi kemanusiaan dan mempercepat dalam memberikan bantuan sehingga dampaknya bisa diminimalisasikan.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Sukabumi dalam upaya penanggulangan bencana. Pihaknya juga menyediakan logistik dan bantuan untuk para korban bencana dengan tujuan untuk meringankan penderitaan korban.

"Kami terus memantau potensi bencana di Kabupaten Sukabumi, khususnya kebakaran hutan yang hingga kini sudah terjadi di beberapa lokasi berbeda. Kami juga mengimbau kepada masyarakat yang membutuhkan masker bisa memintanya langsung di Posko PMI," katanya.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015