Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Republik Indonesia (RI) kembali menambah jumlah negara bebas visa kunjungan ke Tanah Air pada pekan ini sebanyak 45 negara dari sebelumnya yang sudah mencapai 45 negara sehingga akhir tahun ini diharapkan ada 90 negara.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya ketika dikonfirmasi di Jakarta, Selasa, membenarkan rencana untuk mempercepat penambahan jumlah negara bebas visa bagi 45 negara.

Semula penambahan jumlah negara bebas visa kunjungan (BVK) itu direncanakan mulai tahun depan.

Namun, rencana itu dipercepat seiring deregulasi yang dilakukan dalam paket kebijakan September 1 yang diluncurkan Pemerintah Jokowi-JK.

"Untuk BVK 45 negara baru, sebagai tambahan dari 45 negara yang sudah menerima fasilitas BVK, sekarang masih proses penandatanganan Perpres.
Efektifnya diharapkan akhir tahun ini," kata Menteri Arief Yahya.

Sebelumnya ia mengatakan fasilitas bebas visa akan bisa meningkatkan jumlah kunjungan 5-25 persen tergantung dari karakter negaranya.

Sebagaimana evaluasi, pelaksanaan visa free tahap pertama terbukti mampu meningkatkan kedatangan wisman dari 30 negara sebesar 15 persen sedangkan kenaikan secara keseluruhan kunjungan wisman ke Indonesia adalah 2,69 persen.

Pemberian bebas visa kunjungan, kata Arief, diharapkan menjadi faktor pendorong utama yang mampu menggenjot kinerja sektor pariwisata di Indonesia termasuk salah satunya mampu mendatangkan wisatawan asing hingga 20 juta pertahun pada 2019.

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015