Kami bangga Pak Agus Rahardjo bisa terpilih menjadi ketua KPK
Magetan (ANTARA News) - Keluarga dari Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terpilih Agus Rahardjo di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, mendoakan pria berusia 59 tahun itu amanah dalam mengemban tugas memimpin KPK.

"Kami bangga Pak Agus Rahardjo bisa terpilih menjadi ketua KPK. Keluarga di Magetan juga terus berdoa agar Pak Agus bisa amanah dalam mengemban tugasnya sebagai Ketua KPK," ujar kerabat dekat Agus Rahardjo, Dariyati, di rumah mertua Agus Raharjo di Jalan Semeru Nomor 27, Kabupaten Magetan.

Dariyati menyebut Agus Rahardjo sejak kecil dikenal pintar, tegas, suka bersedekah, dan hidup sederhana.

"Ia suka sekali membaca koran. Kalau di rumah ia bisa lama membaca korannya," kata Dariyati.

Setelah orang tuanya meninggal, Agus Rahardjo pulang ke rumah mertuanya untuk bersilaturahim dengan keluarga, bahkan saat Lebaran lalu dia pulang ke Magetan dan meminta doa restu keluarga karena tengah diseleksi untuk memimpin KPK.

Agus menghabiskan pendidikan dasar di SDN Kepolorejo sampai lulus pada 1966, kemudian lulus dari SMPN 1 Magetan pada 1969 dan SMAN 1 Magetan pada 1972. Setelah itu melanjutkan pendidikan tinggi ke Institut Teknologi 10 November (ITS), Surabaya.

Agus kemujdian melanjutkan pendidikan ke Amerika Serikat dan bekerja lima tahun di sana. Setelah itu menetap di Jakarta sebagai PNS dengan jabatan terahir Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Agus Rahardjo adalah satu dari lima pimpinan baru KPK dan dia terpilih sebagai ketua KPK periode 2015-2019 setelah mendapat mayoritas suara Komisi III DPR kemarin malam.

Agus meraih 44 suara atau jauh mengungguli keempat calom pimpinan KPK lainnya di mana Basaria Panjaitan hanya sembilan suara, Saut Situmorang satu suara, bahkan Alexander Marwata dan La Ode M Syarif tak mendapatkan suara.

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo/Louis Rika
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015