Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meresmikan operasional satu unit bus tingkat pariwisata di Ibu Kota dengan desain yang ramah bagi para penyandang disabilitas.

Bus tingkat tersebut merupakan sumbangan dari perusahaan retail PT Alfamart yang didatangkan langsung dari Jerman.

"Dengan adanya sumbangan berupa satu unit bus tingkat ini, diharapkan dapat menambah layanan bus pariwisata gratis di Jakarta," kata Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Budi Kaliwono di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin.

Sementara itu, Corporate Affairs Director PT Alfamart Solihin mengatakan bus seharga Rp3,9 miliar tersebut telah didesain sesuai dengan standar city tour bus yang ada di Jakarta.

"Bus ini kami desain ramah bagi disabilitas. Kursi bus bisa dilipat supaya pengguna kursi roda bisa masuk. Dengan begitu, semua kalangan masyarakat bisa menggunakan bus ini," ujar Solihin.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meminta agar sekaligus dibuatkan aplikasi ponsel pintar untuk mengetahui keberadaan bus tingkat.

"Kalau ada aplikasi khusus bus tingkat yang bisa diakses melalui ponsel, maka dapat memudahkan para penumpang untuk mengetahui keberadaan dan kedatangan bus tingkat tersebut," kata Basuki.

Selain itu, tambahnya, aplikasi tersebut nantinya juga dapat memudahkan wisatawan, baik asing maupun domestik yang ingin berkeliling menggunakan bus tingkat itu.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016