Sidoarjo (ANTARA News) - Kereta api uji coba berhasil melewati rel kereta api yang tergenang banjir di antara Stasiun Tanggulangin, Sidoarjo dan Stasiun Porong, Sidoarjo sepanjang 700 meter.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto mengatakan, kereta ini diberangkatkan pukul 17.52 WIB dari stasiun Tanggulangin dan sampai di Porong pukul 18.13 WIB.

"Selama perjalanan kereta uji coba tersebut membawa enam rangkaian gerbong yang berisi kerikil kricak dengan kecepatan sekitar 5 kilometer perjam," kata Suprapto.

PT KAI masih melakukan rapat evaluasi terkait dengan pelaksanaan uji coba itu apakah jalur ini bisa dibuka atau belum.

"Saat ini kami sedang rapat antarunit untuk menentukan agar jalur bisa dibuka dan dilewati secara normal untuk kereta api penumpang," katanya.

Namun, dia optimistis jalur ini sudah bisa dilewati kereta api penumpang besok, mengingat kondisi banjir di sekitar Porong sudah mulai susut.

"Jarak toleransi air banjir supaya bisa dilewati kereta api adalah 9 centimeter dan di Porong ini ketinggian airnya sekitar 8 centimeter di atas kop rel. Itu artinya, kereta api sudah boleh lewat," katanya.

Sebelum dilewati kereta api, rel yang terendam banjir sepanjang 700 meter di Porong, Sidoarjo, akan terlebih dahulu diperbaiki.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016