Jakarta (ANTARA News) - Mengenang bencana gempa bumi dan tsunami yang menerjang Tohoku pada 11 Maret 2011, the Japan Foundation menggagas sebuah pameran bertajuk “Beautiful Handicrafts of Tohoku, Japan”.

"Pameran ini digelar di Japan Foundation Jakarta mulai 7 sampai 19 Maret 2016, mulai pukul 10.00 sampai 18.00 WIB," kata Ogawa Tadashi, Director General The Japan Foundation Jakarta, dalam pembukaan pameran, di Jakarta, Senin.

Wilayah Tohoku yang terkenal akan pegunungan dan pemandangan lautnya yang indah menyimpan kekayaan budaya dan sejarah lokal.

Peralatan sehari-hari yang tak hanya indah namun bersifat fungsional tersebut dibuat dengan teknik kerajinan tradisional tingkat tinggi yang telah ada sejak zaman kuno dan menginspirasi seniman-seniman Jepang yang karya-karyanya terlibat dalam pameran ini untuk mengembangkan dan mewariskan tradisi istimewa tersebut hingga saat ini.

"Tohoku kaya akan kerajinan kayu dari bambu yang digunakan sebagai perabotan sehari-hari. Ini menggunakan teknik jaman Jepang kuno yang memperlihatkan keunikan Jepang," kata Tadashi.

Sebelumnya, pameran tersebut telah diselenggarakan di Thailand, Filipina dan Korea Selatan. Indonesia dipilih menjadi negara selanjutnya karena dirasa memiliki kedekatan dengan Jepang.

"Empat tahun yang lalu ketika gempa di Jepang, sukarelawan asal Indonesia dengan cepat mengunjungi dan menolong Jepang. Masyarakat Jepang merasa sangat berterima kasih. Oleh karena itu Indonesia memiliki tempat yang khusus di hati Jepang," ujar Tadashi.

"Dua negara ini juga menghadapi gempa dan tsunami. Kami ingin membina solidaritas untuk menghadapi bencana alam. Pemeran ini juga membantu masyarakat Jepang untuk mengungkapkan rasa terima kasih," tambah dia.



Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016