Paris (ANTARA News) - Warta sukacita diterima Manchester City. Penjaga gawang Joe Hart siap tampil di Paris setelah mengalami cedera betis dalam laga derbi Manchester pada 20 Maret 2016. Ini jelas memberi kelegaan bagi lini pertahanan The Citizens.

Paris Saint-Germain (PSG) sebagai juara Liga Prancis (Ligue 1) siap meladeni tamunya dari Liga Inggris (Premier League) dalam laga laga leg pertama perempat final Liga Champions yang digelar di Parc des Princes, Paris, pada Rabu waktu setempat, atau Kamis dini hari, pukul 01.45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh RCTI.

Hanya saja pelatih City Manuel Pellegrini masih perlu memutar otak. Sejumlah pemain inti Manchester biru itu tidak dibawa serta ke Paris, sebut saja Raheem Sterling (cedera pangkal paha), Fabian Delph (cedera otot Achilles) dan kapten Vincent Kompany (cedera lutut), dan Yaya Toure yang masih dibekap cedera bahu.

Di kubu tim tamu, Kevin De Bruyne dan Samir Nasri siap tampil di Parc des Priinces. Sementara PSG tidak diperkuat oleh Marco Verratti yang masih dibekap cedera pangkal paha. Ini jelas mengurangi kekokohan lini pertahanan "Les Parisien".

Serge Aurier masih absen karena terserang demam. Pelatih PSG Laurent Blanc masih diliputi tanda tanya dengan kesiapan Javier Pastore yang masih harus bergulat dengan cedera betis. Edinson Cavani yang absen dalam laga melawan Chelsea di babak 16 besar besar kemungkinan turun bertanding.

Pellegrini akan menurunkan Eliaquim Mangala untuk mengantisipasi kecepatan Zlatan Ibrahimovic. Bek berpaspor Prancis ini belakangan menuai kritik tajam setelah bergabung ke Etihad Stadium dengan bayaran 42 juta pound dari Porto pada Agustus 2014.

Pelatih berkebangsaan Cile itu berharap kepada Mangala agar menahan laju kecepatan Ibrahimovic yang belakangan ini sedang menjalani masa-masa bulan madu bersama dengan PSG.

Komentar pelatih:

* Laurent Blanc (PSG):

"Saya punya banyak kenangan menawan ketika masih memperkuat Manchester United. Kami pernah menggunakan lapangan latihan milik City, meski itu peristiwa masa lampau."

"City banyak mengalami transformasi. Ini ada kaitannya dengan masyarakat post-industri, yang menginspirasi munculnya banyak kota indah. Di tataran olah raga, City mengalami persaiangan ketat ketika menghadapi United. Jangan lupakan bahwa mereka tampil kuat pada era 1970-an"

"Mereka punya segudang pengalaman yang membuat mereka mampu tampil dengan ciri khasnya. Setelah hasil imbang, seseorang dapat saja menghindar dari dua raksasa, yakni Barcelona dan Bayern Muenchen. Hanya saja, saya tidak mengutarakannya kepada para pemain. Termasuk kepada mereka yang juga tidak paham soal sepak  bola."

"Kami menghadapi lawan yang dihuni sederet pemain berkualitas. Skuad mereka punya banyak pemain bermutu dibandingkan dengan skuad kami. Ini perbedaam yang tampak."

* Manuel Pellegrini (Manchester City):
"Pertandingan ini sulit. Meski saya yakin bahwa kami punya kesempatan. Paris tim yang sangat baik, dengan proyek yang sama yang dimiliki Manchester City yang berkembang dari tahun ke tahun."

"Kedua tim punya kesempatan meraih kemenangan. Saya beranggapan bahwa ada tim favorit dalam pertarungan ini. Yang penting, musim ini kami mampu meraih kemenangan di babak pertama. Kami akan melihat laga di Paris."

"Joe Hart siap turun setelah menghadapi masalah cedera. Kami akan mencoba menurunkan dia dalam pertandingan besok. Masih ada resiko untuk menurunkan pemain yang baru saja pulih dari cedera, meski saya beranggapan tidak ada masalah juga."     
 
Prakiraan susunan pemain:

* PSG (4-3-3):

Trapp (penjaga gawang); Marquinhos, David Luiz, Thiago Silva, Maxwell; Matuidi, Rabiot, Thiago Motta, Di María, Ibrahimović, Cavani.
Absen: Pastore ( cedera betis), Verratti (cedera pangkal paha)
Absen di laga berikutnya jika menerima kartu: Aurier, Ibrahimović, Matuidi, David Luiz, Verratti

* Manchester City (4-2-3-1):
Hart (Caballero); Sagna, Mangala, Otamendi, Clichy; Fernandinho, Touré, Fernando; De Bruyne, Silva; Aguero.
Absen: Sterling (cedera pangkal paha), Kompany (cedera betis)
Diragukan tampil: Delph (cedera engkel), Hart (cedera betis), Touré (cedera betis)
Absen di laga berikutnya jika menerima kartu: Otamendi
 
Data dan fakta (Opta Facts):

* Baik Manchester City maupun PSG sebelumnya berduel pada Desember 2008 di babak penyisihan Piala UEFA. Pertandingan berakhir 0-0 di Etihad Stadium.   
* Hanya ada satu, dari enam laga, dari klub asal Inggris yang mampu mengalahkan PSG di Parc des Princes di kompetisi Eropa. Dia adalah Jose Mourinho yang pernah membesut Chelsea pada September 2004 (3-0).
* Dari tiga pertemuan babak knockout Liga Champions antara klub asal Liga Prancis dan Liga Inggris ternyata tim asal Ligue 1 mampu menyikirkan tim asal Inggris.  
* Manchester City mencapai babak kuarter-final Liga Champions untuk kali pertama dalam sejarah. Mereka hanya mengoleksi satu kemenangan dari enam laga di babak penyisihan Liga Champions (sekali imbang, empat kali kalah).
* Manchester City mencapai lebih sedikit clean sheet dibandingkan dengan capaian di musim 2015/16 selama bertanding di Liga  Champions (satu dalam delapan laga).   
* Manchester City mengoleksi enam kartu kuning dalam delapan laga.    
* PSG tersingkir di babak kuarter-final dalam tiga pertemuan.     

Lima laga terakhir:
(W: menang; L:kalah; D:imbang)

* PSG: W L W W D

2/4/16 Paris Saint-Germain 4 - 1 Nice Côte d'Azur
20/3/16 Paris Saint-Germain 0 - 2  AS Monaco
13/3/16 Troyes Aube Champagne 0 - 9 Paris Saint-Germain
9/3/16 Chelsea 1 - 2 Paris Saint-Germain
5/3/16 Paris Saint-Germain 0 - 0 Montpellier

* Manchester City: W L D D W
2/4/16 Bournemouth 0 - 4 Manchester City
20/3/16 Manchester City 0 - 1 Manchester United
15/3/16 Manchester City 0 - 0 Dynamo Kyiv
12/3/16 Norwich City 0 - 0 Manchester City
5/3/16 Manchester City 4 - 0 Aston Villa

Head To Head:
 3/12/08 Manchester City 0 - 0 Paris Saint-Germain

Prediksi hasil laga (Goal.com):
 
* Paris Saint-Germain 2 - 1 Manchester City (13 persen)
* Paris Saint-Germain 0 - 0 Manchester City (13 persen)
* Paris Saint-Germain 1 - 2 Manchester City (11 persen)

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:

* PSG: 2
* Manchester City: 1

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016