Manchester (ANTARA News) - Sejarah begitu memesona bagi pasukan Manchester City. Salah satu klub elite asal Liga Inggris ini bersiap menorehkan catatan historis jika mampu meraih kemenangan melawan Paris Saint- Germain (PSG) di ajang Liga Champions.

City siap melakoni palagan kedua perempat final Liga Champions yang digelar di Etihad Stadium, Manchester, pada Selasa waktu setempat, atau Rabu dini hari, pukul 01.45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh RCTI.

Pada laga pertama di Paris pekan lalu, The Citizens memaksa The Parisiens bermain imbang 2-2. City asuhan pelatih Manuel Pellegrini unggul dua gol tandang. Ini artinya hasil imbang 1-1 saja sudah cukup menghantar David Silva dan kawan-kawan melaju ke semifinal Liga Champions.

City sedang membidik remah-remah sejarah di ajang Liga Champions setelah menuai hasil redup di liga domestik dengan menduduki posisi kelima di klasemen Liga Inggris, tertinggal 15 poin dari Leicester yang berada di posisi pertama. Hanya saja skuad Manchester biru tidak perlu berkecil hati karena meraih empat kemenangan dari laga tandang.

PSG mampu mengandaskan harapan Chelsea sebelum melaju ke babak semi-final, hanya saja tim asuhan pelatih Laurent Blanc ini harus menghadapi ujian tidak ringan melawan City.

Pertanyaannya, mampukah pasukan City menghalau serangan efektif dan efisien yang dilancarkan oleh balatentara Laurent Blanc. Baik The Citizens maupun Les Parisiens sama-sama mengidap kelemahan di lini pertahanan. Ini jelas menampak ketika kedua tim berduel di laga leg pertama.

PSG menuai hasil positif pada pekan lalu dengan menang 2-1 melawan Guingamp. Blanc mengistirahatkan sejumlah pemain sebagai persiapan jelang perjalanan ke Manchester. Mereka yakni Zlatan Ibrahimovic, Angel Di Maria, Edinson Cavani, Thiago Motta dan Thiago Silva.

PSG juga berharap kepada kesigapan dan kebugaran dari penjaga gawang Kevin Trapp. Sebelumnya ia mengalami cedera lutut pada Sabtu lalu. Hanya saja Marco Verratti (cedera pangkal paha) dan Javier Pastore (cedera betis) belum bisa diturunkan. David Luiz dan Blaise Matuidi akan absen karena masih terkena suspensi.

Tim tuan rumah sangat berharap kepada kapten tim Vincent Kompany setelah pulih dari cedera betis. David Silva diharapkan kembali setelah beristirahat ketika PSG menang 2-1 atas West Brom dalam laga Sabtu pekan lalu.

Komentar manajer:

* Manuel Pellegrini (Manchester City):

"(Tim) ini diasiapkan untuk mencetak gol, disiapkan untuk tampil bermain. Jika mereka berpikir bahwa kami hanya perlu bermain untuk beroleh hasil imbang 0-0 maka saya beranggapan bahwa kami menelan kekalahan. Ini bukan cara bermain yang baik dalam sepak bola."

"Setiap pertandingan senantiasa berbeda. Tidak ada hubungannya dengan kompetisi di Inggris sini. Yang terpenting bahwa kami sekarang tampil di leg kedua melawan PSG. Kami siap bermain seperti penampilan di Paris."

"Media tidak berpikir bahwa kami mampu meraih hasil serupa ketika tampil (di leg pertama). Penampilan kami tidak jauh beda dengan penampilan di Paris."

* Laurent Blanc (Paris Saint-Germain):
"Kami membuat banyak kekeliruan ketika bertanding di leg pertama, utamanya di lini pertahanan. Kami tidak cukup kompak. Ada begitu banyak ruang bagi Manchester  City yang memungkinkan mereka menggalang serangan."

"Kami perlu tampil lebih berkualitas dibandingkan di laga pertama. Kami tidak cukup tampil fantastis di pekan lalu. Kami perlu lebih efisien dengan menciptakan banyak peluang. Saya berharap mampu mencetak lebih banyak gol."   

Prakiraan susunan pemain:

* Manchester City (4-2-3-1):

Hart (penjaga gawang); Sagna, Otamendi, Mangala, Clichy; Fernandinho, Touré, Navas, De Bruyne, Silva; Agüero.
Absen: Kompany (cedera betis), Sterling (cedera pangkal paha)
Diragukan tampil: Touré (cedera lutut), Delph (cedera engkel)
Absen di laga berikutnya jika menerima kartu dari wasit: Navas, Otamendi

* Paris Saint-Germain (4-3-3):
Trapp ( penjaga gawang); Maxwell, Thiago Silva, Marquinhos, Aurier; Rabiot, Thiago Motta, Stambouli; Di María, Ibrahimović, Cavani.
Absen: Matuidi (suspensi, David Luiz (suspensi)
Diragukan tampil: Verratti (cedera pangkal paha), Pastore (cedera betis)
Absen di laga betikutnya jika menerima kartu dari wasit: Aurier, Ibrahimović, Verratti
 
Data dan fakta (Opta Facts):
 * Dua pertemuan sebelumnya antara Manchester City dan PSG berakhir imbang: 0-0 di babak penyisihan grup Piala UEFA pada Desember 2008 dan 2-2 di leg pertama babak kuarter-final di musim ini.
* Tiga duel terakhir antara klub asal Liga Prancis melawan Liga Inggris berujung kekalahan tim asal Prancis.
* Manchester City melenggang ke babak kuarter-final Liga Champions untuk kali pertama dalam sejarah. Mereka hanya meraih satu kemenangan dari tujuh pertandingan di babak penyisihan (dua imbang, empat kekalahan).   
* Manchester City mencapai lebih sedikit clean sheets dibandingkan dengan babak kuarter-final di musim 2015/16 di ajang Liga Champions musim ini.    
* PSG hanya memetik sekali menang dari tujuh laga kandang melawan tim asal Inggris. Laga terakhir ketika melawan Chelsea pada Maret (2-1).    
 
Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)    

* Manchester City: W D W L D


09/04/2016 Manchester City 2 - 1 West Bromwich Albion
06/04/2016 Paris Saint-Germain 2 - 2 Manchester City
02/04/2016 Bournemouth 0 - 4 Manchester City
20/03/2016 Manchester City 0 - 1 Manchester United
15/03/2016 Manchester City 0 - 0 Dynamo Kyiv

* PSG: W D W L W

09/04/2016 Avant Guingamp 0 - 2 Paris Saint-Germain
06/04/2016 Paris Saint-Germain 2 - 2 Manchester City
02/04/2016 Paris Saint-Germain 4 - 1 Nice Côte d'Azur
20/03/2016 Paris Saint-Germain 0 - 2 AS Monaco
13/03/2016 Troyes Aube Champagne 0 - 9 Paris Saint-Germain

Head To Head:

06/04/2016 Paris Saint-Germain 2 - 2 Manchester City
03/12/2008 Manchester City 0 - 0 Paris Saint-Germain

Prediksi hasil laga (Goal.com):
 
* Manchester City 1 - 2 Paris Saint-Germain (19 persen)
* Manchester City 2 - 1 Paris Saint-Germain (17 persen)
* Manchester City 1 - 1 Paris Saint-Germain (8 persen)

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:

* Manchester City: 2
* PSG: 1

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016