Bogor (ANTARA News) - Kepolisian Sektor Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat berhasil mengungkap pelaku perkosaan dan pembunuhan terhadap balita berusia 2,5 tahun dengan bantuan anjing pelacak.

Kapolsek Cibungbulang Kompol, Ronny Mardiatun mengatakan, identitas pelaku terungkap sehari setelah mayat balita Laila Nurhidayah (2,5) ditemukan dibuang begitu saja di belakang rumah pelaku di Kampung Pabuaran Tonggoh RT 03/RW 05, Desa Girimulya, Kecamatan Cibungbulang.

"Mayat korban ditemukan di sekitar rumah pelaku yang kita curigai, tetapi belum cukup bukti, lalu kita gunakan anjing pelacak untuk membantu pencarian," kata Ronny kepada Antara di Bogor, Rabu.

Ronny mengatakan kronologi pengungkapan pelaku perkosaan dan pembunuhan tersebut berawal dari penemuan mayat seorang balita tidak jauh dari rumah pelaku bernama Budiansyah (26) Senin (9/5) malam.

Mayat korban pertama kali ditemukan oleh warga yang juga seorang Ustad bernama Junaedi.

Saat kejadian Ustad Junaedi sedang melintas di belakang rumah pelaku untuk pergi ke Masjid. Di perjalanan, saksi mencium aroma busuk menyengat, setelah mencari asal bau ditemukan sesosok mayat anak kecil tergeletak sudah tidak bernyawa.

"Kami langsung mendatangi lokasi, melakukan identifitas jasad korban. Kesimpulan awal mungkin pelaku orang jauh, yang sekarang lagi marak menculik anak kecil, dibawa jauh lalu dibuang begitu saja. Untuk menyakinkan kesimpulan tersebut kami gunakan anjing pelacak," katanya.

Anjing pelacak yang dikerahkan mengendus keberadaan pelaku. Dari penelusuran anjing pelacak tersebut, petugas menyimpulkan bahwa pelaku berada di dalam rumah tersebut. Karena anjing hanya berputar mengitari rumah pelaku terus menerus.

Dan sehari sebelum korban ditemukan, orang tua korban telah melaporkan anaknya hilang sejak terakhir kali pergi bermain ke rumah pelaku Minggu (8/5).

Antara korban dan pelaku sudah saling kenal, pelaku merupakan tetangga dekat rumah korban yang tinggal di rumah neneknya bersama ibu serta bapaknya. Rumah pelaku berada di sisi kiri rumah korban.

Korban diketahui sering bermain ke rumah pelaku. Korban LN berteman dengan adik dan juga keponakan pelaku yang seumuran.

Tidak ada kecurigaan terhadap pelaku, mengingat kedua keluarga sudah saling kenal, apalagi pelaku dikenal sebagai pemuda pendiam yang kurang bergaul.

"Tidak ada kecurigaan, karena pelaku dan korban tetangga dan saling kenal tetangga dekat. Korban sering bermain ke rumah pelaku dan dekat dengan adik juga keponakan pelaku yang seumuran," kata Ronny.

Usai menelusuri jejak pelaku, aparat Polsek Cibungbulang mengamankan dua orang yakni pelaku beserta ayahnya Selasa (10/5) malam sekitar pukul 18.30 WIB.

Keduanya dibawa ke Polsek untuk menjalani pemeriksaan. Guna kenyamanan pelaku, keduanya diperiksa di ruangan terpisah.

"Pelaku tertutup, sulit untuk dimintai keterangan, awalnya tidak mengakui bahwa dia melakukan pemerkosaan. Setelah dipancing-pancing oleh anggota, baru pelaku mengakui perbuatannya," kata Ronny.

Ronny mengatakan, saat ini kasus pelaku pemerkosaan dan juga pembunuhan telah dilimpahkan ke Polres Bogor Kabupaten dan ditangani langsung oleh Kapolres. Pelaku juga telah diamankan ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan dan pemerkosaan seorang balita.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016