Dalam ingatan saya, teluk ini luar biasa cantik."
Gorontalo (ANTARA News) - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, menyerahkan bantuan untuk nelayan di Gorontalo senilai Rp3,5 miliar, Sabtu.

"Nelayan Gorontalo beruntung punya Teluk Tomini. Dalam ingatan saya, teluk ini luar biasa cantik. Lautnya dalam, tapi ombaknya tenang sehingga nelayan bisa mencari ikan dengan aman," kata Susi usai menyerahkan bantuan di Pelabuhan Perikanan Inengo, Bone Bolango.

Ia menyampaikan bantuan tersebut untuk kelompok nelayan binaan dalam Program Coastal Community Development Project di daerah itu.

Selain itu, Susi menyerahkan bantuan mesin pakan lengkap dan bahan baku pakan senilai Rp100 juta, serta dana untuk pelatihan pemeliharaan alat tangkap ikan jaring (gillnet) 30 orang senilai Rp91 juta.

Bantuan lainnya adalah dana kegiatan penyuluh perikanan untuk 55 orang sebesar Rp376 juta, dan 50 paket masker dan snorkel kepada Komunitas Sadar Wisata Hiu Paus di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango.

Ia mengakui, dari beberapa kunjungan kerja yang dilakukannya sejak menjadi menteri, Gorontalo adalah tempat yang terbaik karena ditunjang potensi bahari yang besar.

Dalam dialog bersama nelayan setempat, Susi diminta untuk memprioritas nelayan yang memilih untuk mencari ikan sendiri dan tidak tergantung pada perusahaan.

"Kami tidak ingin menjadi buruh, beri kami kapal dan alat tangkap agar bisa melaut sendiri," kata salah seorang nelayan Gorontalo.

Sementara itu, Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim, mengatakan bahwa pada tahun 2016, daerah itu memiliki 50 kapal Inka Mina dan Mina Maritim, 13 Tempat Pelelangan Ikan (TPI), empat pelabuhan perikanan dan satu pelabuhan nusantara.

"Khusus untuk budidaya, saat ini kami mengekspor udang vaname ke Jepang, Korea dan Singapura," katanya menambahkan.

Pewarta: Debby Hariyanti Mano
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2016