Lanud Seoul, Seongnam, 15/5 (Antara) - Presiden Joko Widodo telah tiba di Kota Seoul, Korea Selatan pada Minggu sekitar pukul 17.05 waktu setempat atau 15.05 WIB dan disambut oleh Dubes RI untuk Korsel John A Prasetio.

Menurut pantauan Antara di Lanud Seoul, Kota Seongnam, usai menuruni pesawat, Presiden juga disambut oleh sejumlah pejabat negara Korsel antara lain Dubes Korsel untuk Indonesia Taiyong Cho, Dirjen Protokol Kementerian Luar Negeri Korsel Lee Jung-il dan Dirjen Biro Kawasan Pasifik Tenggara Kementerian Luar Negeri Korsel Kang Yong Hoon.

Setelah menyalami dan berkenalan dengan para pejabat Korsel yang hadir menyambut, Presiden segera memasuki kendaraan.

Kemudian, rombongan presiden segera menuju Hotel Lotte sebagai tempat bermalam saat kunjungan di Negeri Ginseng itu.

Hujan geras mengiringi ketibaan rombongan presiden yang telah melakukan perjalanan selama sekitar 7 jam dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Selain itu, tembakan meriam hampa juga dilakukan sebanyak 21 kali di Lanud Seoul sebagai tanda sambutan kunjungan kenegaraan Presiden Jokowi di Korsel.

Beberapa menteri dan pejabat negara yang turut dalam rombongan yaitu Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perdagangan Thomas Lembong serta Kepala Staf Presiden Teten Masduki dan Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi SP.

Rombongan presiden akan berada di Korsel hingga pada 18 Mei 2016.

Sebelumnya menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, beberapa rencana agenda Presiden selama kunjungan kenegaraan di Negeri Ginseng antara lain bertemu dengan Diaspora Indonesia di KBRI Seoul, menemui Presiden Park Geun-hye di istana, serta melakukan temu bisnis bersama sejumlah pengusaha asal Korsel.

Retno mengatakan akan terdapat beberapa kesepakatan bisnis maupun investasi yang dicapai saat kunjungan Presiden ke Korsel antara lain di bidang akselerasi industri di Indonesia, kerja sama industri kreatif, serta kerja sama di sektor teknologi dan pertahanan.

Menlu mengatakan kunjungan ke Korsel diharapkan dapat memberi dampak langsung kepada masyarakat Indonesia melalui penambahan kerja sama bisnis dan investasi.

Usai mengunjungi Korsel, Presiden akan melanjutkan lawatan di luar negeri ke Sochi, Rusia untuk menghadiri KTT ASEAN-Rusia pada 19-20 Mei 2016.

Presiden Jokowi direncanakan mengakhiri kunjungan kerja di Rusia pada 20 Mei 2016 dan akan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta pada 21 Mei 2016.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016