Sepanjang tahun 2016 ini, BEI telah meresmikan sebanyak 45 Galeri Investasi BEI baru sehingga jumlah Galeri Investasi BEI telah mencapai 200 lokasi dari Sabang hingga Merauke."
Jakarta (ANTARA News) - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) akan terus menambah jumlah Galeri Investasi di berbagai perguruan tinggi demi memperluas literasi pasar modal masyarakat Indonesia.

"Sepanjang tahun 2016 ini, BEI telah meresmikan sebanyak 45 Galeri Investasi BEI baru sehingga jumlah Galeri Investasi BEI telah mencapai 200 lokasi dari Sabang hingga Merauke," ujar Direktur Pengembangan BEI Nicky Hogan di Jakarta, Selasa.

Ia mengharapkan bahwa Galeri Investasi BEI itu dapat menjadi sarana pembelajaran bagi kalangan akademisi dalam mempraktikkan teori yang sudah diperoleh di perkuliahan dan mendukung kegiatan penelitian bagi seluruh civitas akademika.

"Selain itu, melalui Galeri Investasi BEI juga diharapkan semakin mendekatkan pasar modal dengan masyarakat," katanya.

Sejalan dengan tujuan BEI untuk memperluas inklusivitas pasar modal, Nicky Hogan mengatakan bahwa pendirian Galeri Investasi BEI tidak saja di perguruan tinggi yang ada di kota-kota besar di Indonesia namun juga diresmikan di perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

"Sehingga pada akhirnya dapat mendukung salah satu tujuan BEI dalam meningkatkan jumlah investor dan jumlah pelaku pasar modal Indonesia," ujarnya.

Menurut Nicky Hogan, salah satu alasan BEI begitu gencar membuka Galeri Investasi BEI adalah semakin timbulnya kesadaran masyarakat dalam berinvestasi, serta meningkatnya minat masyarakat Indonesia dalam memahami pasar modal Indonesia.

Alhasil, lanjut dia, BEI berhasil meningkatkan jumlah pembukaan Galeri Investasi BEI menjadi 45 Galeri Investasi BEI hanya dalam waktu setengah tahun ini jika dibandingkan pembukaan 38 Galeri Investasi BEI selama 2015.

Ia menambahkan bahwa pembukaan Galeri Investasi BEI di dua Perguruan Tinggi setiap pekannya selama tahun ini menunjukkan optimisme dan komitmen BEI dalam meningkatkan literasi maupun inklusivitas di pasar modal Indonesia.

"Program-program yang menjadi fokus Galeri Investasi BEI tahun ini adalah selain melakukan kegiatan edukasi dan sosialisasi pasar modal secara reguler di perguruan tinggi setempat, juga mendukung program kampanye Yuk Nabung Saham yang telah dicanangkan oleh BEI sebelumnya," katanya.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016