Painan, Sumatera Barat (ANTARA News) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0311/Pesisir Selatan, Sumatera Barat mengimbau warga segera melapor kepada mereka apabila menemukan amunisi mortir dan bahan peledak sejenis guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

"Harus cepat ditangani karena apabila salah penanganan bisa membahayakan," kata Komandan Kodim 0311/Pesisir Selatan, Komandan Unit Intel Kodim 0311/Pesisir Selatan, Sersan Mayor Rusdi Antoni, di Painan, Kamis.

Baru-baru ini warga setempat menemukan 32 amunisi mortir di Bukit Galundi, Kecamatan Ranah Pesisir, Rabu (15/6). Puluhan amunisi mortir --tidak disebut kalibernya-- telah dievakuasi ke Gudang Amunisi Laboratorium Kota Bukit Tinggi.

"Mortir-mortir itu telah kami evakuasi dan prosesnya berlangsung aman, ke depan kami ingatkan untuk tetap waspada," ungkapnya.

Penemuan amunisi mortir diketahui oleh peladang setempat bernama Anto (30). Ia mengaku tengah membersihkan rumput liar di ladangnya.

Tidak beberapa lama membersihkan rumput liar pihaknya menemukan benda logam berkarat. "Saya tidak bisa memastikan apakah itu mortir atau bukan, karena takut meledak saya segera melaporkannya ke anggota kepolisian dan TNI di kecamatan," ungkapnya.

Pewarta: Agung Pambudi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016