Batam (ANTARA News) - Kepala Kanwil Kementerian Agama Kalimantan Barat Syahrul Yadi melepas 450 orang calon haji asal Kalbar dan Riau yang tergabung dalam kelompok terbang 12 Embarkasi Batam di Batam, Kepulauan Riau, Sabtu.

Dalam arahannya, Kanwil Kemenag Kalbar berpesan agar jemaah meluruskan niat, karena haji merupakan perjalanan ibadah bukan perjalanan biasa.

"Jangan ada niat untuk berbelanja, fokuskan niat untuk beribadah saja, jadi semua aktivitas yang dilakukan harus berbasis ibadah," katanya.

JCH juga diingatkan untuk melaksanakan seluruh ibadah penting, dan tidak lalai karena hal yang sifatnya duniawi.

"Jangan sampai meninggalkan momen-momen penting selama berada dalam perjalanan ibadah. Semua rangkaian perjalanan mulai dari sesampainya di Madinah, Mekkah, Arofah, Mina, Jeddah hingga pulang ke Tanah Air merupakan rangkaian waktu untuk beribadah," pesannya.

Dalam kesempatan itu, Syahrul Yadi juga meminta agar JCH berkenan mendoakan daerah Kalimantan Barat dan negara Indonesia.

"Contohlah apa yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS, beliau berdoa bukan saja untuk diri pribadi, dan keluarga namun juga untuk umat," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Pelaksana Ibadah Haji Embarkasi Batam PIH Embarkasi Batam Syahbudi melaporkan kloter 12 terdiri dari 224 orang asal Kota Pontianak, 135 dari Kabupaten Mempawah, 83 orang asal Kabupaten Melawi, serta tiga orang warga Kabupaten Kampar dan Kabupaten Rokan Hilir, Riau yang dimutasi dari kloter sebelumnya, berikut lima petugas.

Berdasarkan hasil qurah maktab, selama berada di Makkah jemaah kloter 12 akan menempati pemondokan di wilayah Syisah Maktab 01 Nomor Rumah 503 dan 505.

Menurut jadwal, jemaah haji Kloter 12 BTH akan tiba kembali di Tanah Air pada tanggal 29 September 2016 pukul 12.35 WIB.

Pewarta: Jannatun Naim
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016