Djakarta, 1 Oktober 1952 (Antara) - Penari2 Bali, jang pada waktu ini memberikan pertundjukan2 di gedung teater jang penuh sesak, oleh Richard Pleasant, pendiri teater balet Amerika, dinamakan sebagai menggemparkan. Betapa digemarindja rombongan dari Plaitan itu terbukti dari peristiwa bahwa pertundjukan di New York ini diperpandjang dari 5 minggu mendjadi 7 minggu.

Gedung Pulton dimana pertundjukan Bali itu diadakan untuk tiap pertundjukan  didjual habis sama sekali. Untuk tiap2 pertundjukan diidzinkan tempat berdiri untuk beberapa orang jang terbatas djumlahnjda.

Pleasant jang menulis betapa gembiranja rakjat umum, pers dan penari2 dan peran2 ahli menerima pertundjukan itu, antaranja mengatakan: “Ketjuali pertundjukan Pavlova dalam tahun 1909 dan La Argentina dalam tahun 1920, agaknja belum pernah ada suatu pertundjukan “import” jang dapat memadai sukses dari pertundjukan penari2 Bali di New York ini.

Penari2 Bali itu baru2 ini telah melihat pertundjukan “Swan Lake” dari Ballet Theatre di gedung Metropolitan Opera. “Mereka sangat kagum melihat permainan kaki penari balet Amerika” kata Pleasant. 

Pertundjukan dua minggu tambahan dari penari Bali itu diadakan dari tg. 27 Oktober sampai tg. 8 November. Pertundjukan 5 minggu jang pertama akan berakhir pada tg. 18 Oktober. Dar tg. 18 Oktober sampai 27 Oktober para penari Bali itu akan mengundjungi Washington, D.C. Selama perdjalanan mendjeladjah Amerika itu para penari Bali itu akan mengundjungi 23 kota Amerika. Demikian berita jang diterima oleh kantor penerangan A.S. di Djakarta

Sumber: Pusat Data dan Riset ANTARA //pdra.antaranews.com/Twitter: @perpusANTARA

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016