Jakarta (ANTARA News) - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk menyalurkan kredit untuk pembiayaan kebutuhan dana talangan jalan tol Pandaan Malang senilai Rp450 miliar.

Corporate Secretary BNI, Kiryanto, dalam keterangannya yang diterima, di Jakarta, Jumat, mengatakan, pembiayaan ini untuk membantu melancarkan kemajuan pembebasan lahan ruas tol Pandaan Malang.

Pembiayaan ini juga bagian sinergi pembiayaan bersama satu bank lokal dan lembaga keuangan nasional lain total mencapai Rp1,35 triliun.

Dengan pembiayaan ini, bank dan lembaga keuangan nasional turut memberikan kepastian pada kelancaran pembangunan proyek tol yang dilaksanakan PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Saat ini PT Jasa Marga yang terlibat dalam pengadaan, pengelolaan dan pemeliharaan jalan tol telah menguasai 61 persen pangsa pasar industri jalan tol dari segi panjang jalan (kilometer) di Indonesia.

Sampai dengan 31 Juli 2016, perseroan melalui sembilan cabang dan 18 perusahaan anak memiliki konsesi untuk 28 ruas jalan tol, dengan sebanyak 16 ruas diantaranya sepanjang 593 km telah beroperasi.

Jalan tol Pandaan Malang merupakan perpanjangan dari jalan tol Surabaya-Gempol, yang telah beroperasi sejak tahun 1986, serta akan dibangun sepanjang 37,62 km.

Kiryanto memastikan BNI akan terus memberikan dukungan terhadap percepatan pembangunan infrastruktur melalui berbagai kerja sama kredit sindikasi.

Hingga akhir September 2016, nilai kredit sindikasi yang disalurkan BNI mencapai Rp42 triliun atau meningkat sebanyak 27 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2015. 

Pewarta: Satyagraha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016