Jakarta (ANTARA News) - Penghargaan Hollywood Film Awards digelar pada Minggu waktu setempat dengan deretan bintang yang menggunakan kesempatan itu untuk membuat poin politik dua hari menjelang pemilihan presiden Amerika Serikat.

Robert De Niro mendesak pemirsa Hollywood Film Awards untuk memilih Hillary Clinton saat dia mengatakan iklim politik saat ini menyerupai sebuah film dari Marx Brothers di mana "orang gila memerintah dunia".

De Niro, yang sebelumnya menyebut kandidat dari Partai Republik Donald Trump "benar-benar gila", memenangi Hollywood Comedy Award untuk filmnya "The Comedian".

Acara Hollywood Film Awards digelar pertama kali pada 1997 dan menandai awal musim penghargaan yang berpuncak pada Oscar.

Tom Hanks memenangi Hollywood Actor Award untuk "Sully".  Dia berperan sebagai pilot maskapai penerbangan yang melakukan pendaratan darurat di Sungai Hudson pada 2009. Sementara Natalie Portman memenangi Hollywood Actress Award untuk perannya sebagai Jacqueline Kennedy di "Jackie".

Nicole Kidman memenangi Hollywood Supporting Actress Award untuk drama "Singa", dan Hugh Grant memenangkan Hollywood Supporting Actor Award untuk "Florence Foster Jenkins".

Eddie Murphy dianugerahi Hollywood Career Achievement Award. "Ini membuat Anda merasa tua ... karena ini merupakan prestasi karir (penghargaan) dan mereka melihat semua karya Anda," kata Murphy di karpet merah, demikian Reuters.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016