Sydney (ANTARA News) - Seorang turis lanjut usia asal Jepang meninggal dunia setelah terseret menuju Karang Penghalang Besar atau Great Barrier Reef saat melakukan penyelaman di permukaan atau snorkeling, demikian disampaikan polisi Australia mengatakan Rabu.

Turis perempuan berusia 75 tahun tersebut merupakan korban keempat dari peristiwa kecelakaan yang terjadi di tempat wisata di Australia.

"Wanita tersebut sedang snorkeling di Moore Reef, sekitar 40 kilo meter dari Kota Cairns pada Selasa sore, ketika terseret air," Juru Bicara Kepolisian Queensland kepada AFP dikutip The Star Online.

Menurut juru bicara kepolisian itu, kru dalam kapal yang ditumpangi wanita tersebut berupaya melakukan pertolongan untuk mengembalikan fungsi pernafasan dan fungsi jantung atau resusitasi, namun ia tidak tertolong.

Insiden tersebut menyusul kematian seorang turis Inggris berusia 60 tahun saat menyelam di Agincourt Reef off resor populer Port Douglas, Australia, bulan lalu.

Kematiannya terjadi hanya beberapa hari setelah dua wisatawan Perancis berusia 70-an tewas saat snorkeling di daerah yang sama.

Lebih dari dua juta orang mengunjungi tempat wisata tersebut setiap tahun, yang menghasilkan lebih dari 2 miliar dolar AUS atau 1,5 miliar dolar AS untuk pendapatan pariwisata negara.

Penerjemah: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2016