Bogor (ANTARA News) - Kepolisian Resor Bogor Kabupaten, Polda Jawa Barat memberikan pengamanan khusus bagi suporter Thailand pada saat laga final AFF 2016 yang berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Rabu.

"Hasil rapat kemarin, suporter dari Thailand diberlakukan pengamanan khusus," kata Kasubag Humas Polres Bogor Kabupaten, AKP Ita Puspita Lena.

Ita menjelaskan pengamanan khusus yang dimaksud, tim pendukung kesebelasan Thailand diberikan jalur khusus pada saat masuk dan keluar Stadion Pakasari.

"Pada saat masuk Pakansari dan keluar sudah diantisipasi teknik pengamanan," katanya.

Menurut Ita, pengamanan khusus tersebut untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kejadian serupa seperti yang dialami Tim Nasional Indonesia saat bermain di Vietnam.

"Agar tidak terjadi seperti Timnas kita pada saat di Vietnam," katanya.

Laga Final AFF 2016 antara Indonesia melawan Thailand dimulai pukul 19.00 WIB, sebanyak 4.500 personel pengamanan gabungan dikerahkan untuk mengamankan jalannya pertandingan.

Suasana di Stadion Pakasari memerah dipadati oleh pendukung tim nasional Garuda. Turut hadir pula suporter Thailand yang mendukung tim kesayangannya tampil di final Piala AFF 2016.

Kehadiran para pedukung timnas Thailand menjadi "rebutan" suporter tuan rumah yang kebetulan tidak jauh dari mereka.

Sedikitnya ada 50 suporter tim Negeri Gajah Putih itu dengan segala atribut mulai kostum timnas, syal hingga memakai striker bendera di wajahnya. Mereka cukup ceria meski dikepung oleh ratusan supoter yang menggunakan atribut merah.

Meski jumlahnya kalah banyak dengan suporter tuan rumah, pergerakan suporter Thailand ini sangat terlihat. Selain menggunakan kostum kebesaran biru, para suporter ini juga membawa replika Piala AFF yang jumlahnya cukup banyak. Mereka juga terus meneriakkan yel-yel kemenangan bagi timnya.

Laga Final AFF 2016 juga disaksikan langsung Wakil Presiden Jusuf Kalla, didampingi Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, dan sejumlah pengurus PSSI.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016