Jakarta (ANTARA News) - PT Bank Negara Indonesia (BNI) memperkuat kegiatan operasional di Kabupaten Kepulauan Seribu Provinsi DKI Jakarta dengan membuka 11 "Agen46" dan pengoperasian mesin untuk penyetoran dan penarikan tunai (Cash Recycle Machine/ CRM) di daerah itu.

Corporate Secretary BNI Kiryanto dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, menyebutkan BNI juga turut mengembangkan usaha kecil dan menengah di Kepulauan Seribu sebagai langkah untuk memperkuat perekonomian daerah.

Pembukaan 11 Agen46 merupakan pelaksanaan program Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Menurut dia, BNI menjadi bank pertama yang mengoperasikan mesin CRM di Kepulauan Seribu. Keberadaan mesin itu akan memudahkan masyarakat pesisir di Kepulauan Seribu untuk bertransaksi.

CRM tersebut dioperasikan BNI di Pulau Pramuka, salah satu pulau utama di Kabupaten Kepulauan Seribu.

BNI secara simbolis membuka Agen46 dan pemasangan CRM di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu Utara, Jakarta, pada Sabtu (17/12). Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Kepulauan Seribu Budi Utomo, Wakil Bupati Kepulauan Seribu Muhammad Anwar, dan Pemimpin BNI Wilayah Jakarta Kota Asmorohadi yang juga membawahi koordinasi pelayanan BNI di Kepulauan Seribu.

Kesebelas Agen46 yang dibuka serentak di Kepulauan Seribu adalah Agen Rini Mandiri, Agen Rafa E-Payment, Agen Ayu, Agen I dan A, Agen Toko Mulyati, Agen Junisaroh, Agen Toko Husnul, dan Agen Indrayati yang semuanya berada di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu Utara, Jakarta.

Adapun Agen-agen yang berlokasi di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu Utara adalah Agen Two Flowers, Agen Januati, dan Agen Indah.

Melalui program Agen46, BNI berinisiatif menjalin kerja sama dengan pelaku usaha mikro dan kecil, koperasi dan badan usaha milik Desa dalam rangka pembentukan "branchless banking" BNI, yang digalakkan untuk meningkatkan inklusi dan literasi keuangan di kawasan yang sulit terjangkau layanan perbankan biasa.

Beberapa transaksi perbankan yang dapat dilayani melalui Agen46 antara lain Pembukaan Rekening, Setoran Tunai, Tarik Tunai dan Berbagai macam transaksi pembelian pulsa dan pembayaran tagihan.

Kerja sama dengan Agen46 tersebut ditujukan sebagai perpanjangan tangan dari BNI dalam melayani masyarakat dan nasabah yang jauh dari Kantor Cabang BNI.

Para Agen46 juga mendapatkan potensi bisnis dan pendapatan tambahan bagi agen yang menjalankan.

Saat ini, BNI telah memiliki lebih dari 27.000 Agen46 yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan jumlahnya akan terus bertambah.

Jaringan Agen46 itu memperkuat jaringan layanan yang sudah ada di lebih dari 1.800 Cabang BNI dan lebih dari 16.000 ATM BNI, sehingga masyarakat Indonesia akan lebih mudah mengakses layanan keuangan melalui BNI.

Pewarta: Agus Salim
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016