Tangerang, Banten (ANTARA News) - Pemerintah Kota Tangerang mengajak Komunitas Love Bird Indonesia untuk menggagas membentuk taman burung.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, di Tangerang, Rabu, mengatakan, jika pembuatan taman burung tersebut nantinya bisa dijadikan sebagai tempat belajar bagi pelajar maupun masyarakat mengenai jenis - jenis burung.

Bahkan, bisa juga diselenggarakan kegiatan kontes burung setiap akhir pekannya sehingga bisa diketahui masyarakat luas.

Namun Wali Kota juga meminta bila nanti bisa terealisasi, para komunitas pecinta burung di Tangerang bisa merawat dan menjaga kebersihan dan kesehatan hewan peliharaannya.

"Intinya, taman burung tersebut harus dirawat sehingga burung - burung yang ada di taman itu dalam keadaan sehat dan tak menimbulkan penyakit," ujarnya.

Selain itu, Wali Kota juga mempersilahkan para pecinta burung untuk menghubungi Kabid Pertamanan di Badan Lingkungan Hidup terkait rencana pembangunan Taman Burung di Kota Tangerang. "Tinggal di komunikasikan saja dan dibahas bersama konsepnya," katanya.

Sementara itu, Ajay salah satu Pengurus KLI menyambut baik gagasan Wali Kota untuk membangun Taman Burung. Karena selain nanti bisa menjadi tempat silaturahmi dan ngumpul komunitas Pecinta Burung, Taman Burung juga bisa menjadi Tempat Wisata Edukasi buat masyarakat.

"Ini juga bisa menjadi bagian dari pemberdayaan masyarakat. Lebih bagus lagi kalau nanti juga ada Pasar Burungnya," terangnya.

Pemkot Tangerang dalam beberapa tahun terakhir memang sangat peduli terhadap kenyamanan warganya. Oleh karenanya dalam beberapa tahun terakhir pemkot telah mengelola 155 taman yang terdiri dari 22 taman aktif (taman yang bisa dikunjungi) dan 133 taman pasif seperti median dan pulau jalan.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017