Milwaukee, Amerika Serikat (ANTARA News) - Mantan Presiden Amerika Serikat, George HW Bush atau George Bush Senior, dirawat di rumah sakit di Houston, menurut televisi KHOU yang berafiliasi dengan CBS Houston, mengutip kepala staf kantornya, Jean Becker, Rabu.

Bush Senior 92, saat ini berada dalam kondisi stabil dan "baik-baik saja," Becker mengatakan kepada stasiun televisi itu. Bush sendiri diperkirakan akan diperbolehkan pulang dalam beberapa hari, tambahnya.

Wartawan Reuters belum dapat menghubungi juru bicara keluarganya, Jim McGrath atau pihak dari rumah sakit tempat Bush dirawat.

Bush merupakan ayah dari mantan presiden George W Bush (Bush Junior) dan mantan gubernur Florida Jeb Bush, yang mencalonkan diri dalam pemilu presiden 2016 dari kubu Partai Republik.

Bush senior, yang juga merupakan tokoh Partai Republik sama seperti anak-anaknya, menjabat sebagai wakil presiden pada dua periode pemerintahan Ronald Reagan sebelum terpilih menjadi presiden pada 1988. Dia menjabat selama empat tahun di Gedung Putih.

Dia mengenakan kursi roda dalam beberapa tahun terakhir dan dia dirawat di rumah sakit dua kali pada 2014, yang pertama dikarenakan oleh paru-paru basah dan dirawat selama tujuh minggu dan kemudian dirawat karena gangguan pernafasan. Pada Juli 2015 dia patah tulang leher saat terjatuh di rumah keluarganya di Maine.

Bush Senior jarang tampil di publik saat dia menginjak usia 90 tahunan. Pada Oktober 2015, Bush, yang duduk di atas kursi rodanya, dengan penyangga di lehernya, melakukan lemparan pertama dalam pertandingan baseball antara Houston Astros dengan Kansas City Royals.

Dia memperingati hari peringatan ke-75 serangan Jepang di Pearl Harbor, Hawaii, pada 2016 dengan menghadiri upacara di perpustakannya di Universitas A&M Texas tempat Bob Dole, mantan senator dari Partai Republik yang mewakili Kansas, mendapatkan penghargaan atas pelayanan masyarakatnya.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017