Jakarta (ANTARA News) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengajak anak Indonesia ikut ambil peran dalam mengelola sampah.

"Peran anak-anak penting sebagai generasi muda yang ke depannya bertanggung jawab untuk menjaga alam Indonesia," kata Siti Nurbaya di depan 1.000 anak sekolah di Manggala Wanabakti, Jakarta, Selasa.

Dia meminta anak Indonesia untuk menjaga Indonesia dari sampah walaupun hal tersebut tidak mudah, untuk itu dia meminta semua pihak bergotong royong mengelola sampah.

"Memang mengelola sampah tidak mudah, salah satunya yang dapat dilakukan adalah menghabiskan makanan. Jadi anak-anak kalau makan jangan disisakan, harus dihabiskan agar tidak ada sampahnya," kata Siti.

Dia juga meminta anak-anak untuk tidak memetik daun dan selalu membuang sampah pada tempatnya, selan itu dia juga menyarankan anak-anak untuk menggunakan ulang kantong pelastik dan mendaur ulang sampah.

"Sebisanya sampah tersebut menjadi berkah, dikelola lagi menjadi permainan," kata Siti.

Siti menjelaskan di Indonesia sudah ada 7.654 sekolah yang mengikuti program lingkungan "adiwiata" di mana sekolah akan menerapkan pengelolaan sampah kepada siswanya.

Pada kesempatan itu anak-anak juga dikenalakan dengan upaya pengurangan sampah, mulai dari membawa botol minuman dan membawa bekal ke sekolah hingga mengelola sampah secara bertanggungjawab.

Pewarta: Aubrey Kandelila Fanani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017