Jakarta (ANTARA News) - Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz al-Saud menanam pohon kayu ulin atau kayu besi (eusideroxylon zwageri) di halaman tengah Istana Merdeka Jakarta.

Raja Salman sebelum menanam pohon bertemu dengan tokoh-tokoh umat Islam di Istana Merdeka. Ia lalu keluar istana dengan menaiki mobil golf yang dikendarai oleh Presiden Joko Widodo untuk tiba di halaman Istana Merdeka.

"Ini kayu paling kuat. Ini kayu ulin kayu besi, yang paling kuat," kata Presiden Joko Widodo

Raja Salman yang mengenakan jubah kebesaran (bisht) warna cokelat madu dengan ornamen keemasan pada kerah dan lengan lengkap dengan penutup kepala itu, berjalan bersama dengan Presiden Joko Widodo yang mengenakan kemeja batik lengan panjang warna cokela menuju tempat penanaman pohon yang sudah disiapkan.


ANTARA News/Bayu Prasetyo


Presiden bahkan berjongkok untuk memindahkan tunas pohon ulin sebelum akhirnya dibantu oleh protokoler istana.

"Supaya hubungan kita menjadi kuat sekali. Sekuat kayu ini," tambah Presiden.

Rasa Salman selanjutnya memasukkan tanah dengan sekop yang sudah disediadakan dibantu oleh ajudan Presiden, menyusul Presiden juga menyendokkan tanah dengan sekop tersebut.

Meski disediakan wadah air untuk menyiran tunas pohon, tapi Raja Salman tidak menggunakannya dan langsung meninggalkan tempat penanaman, bergandengan dengan Presiden Joko Widodo.

Ia pun langsung masuk ke mobil untuk kembali ke hotel Raffles, Jakarta untuk beristirahat.


ANTARA News/Bayu Prasetyo


Penanaman pohon itu disaksikan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi Johan Budi dan Menteri Kabinet Kerja lainnya.

Hari ini Raja Salman juga mengunjungi gedung DPR dan masjid Istiqlal.

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017