Jakarta (ANTARA News) - PT Bank Negara Indonesia Persero Tbk menyalurkan kredit sindikasi bersama empat bank lainnya sebesar Rp4 triliun kepada PT Palapa Timur Telematika untuk membiayai pembangunan proyek Palapa Ring Paket Timur, yang termasuk dalam proyek strategis Rencana Pita Lebar Indonesia 2014-2019.

Wakil Direktur Utama BNI, Herry Sidharta, usai penandatanganan kredit sindikasi itu, di Jakarta, Senin, mengatakan, perseroan bertindak sebagai pemegang mandat pengatur kredit sindikasi atau Mandated Lead Arranger dan juga Bookrunner bersama empat anggota ICBC Indonesia, Bank Papua, Bank Malukumalut, dan Bank Sulsebar.

BNI juga menjadi agen fasilitas, agen jaminan, dan agen penampungan dengan nilai kredit lebih dari Rp 2,6 triliun.

"Harapannya agar satu per satu proyek infrastruktur strategis dapat memperoleh percepatan dalam proses pembangunannya, termasuk pembangunan jaringan serat optik di seluruh wilayah Indonesia," kata Sidharta.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Direktur Utama PT Palapa Timur Telematika, Leon M Kakisina, dan direksi bank- bank anggota sindikasi.

Sidharta mengatakan, perseroan ingin mendukung percepatan pembangunan proyek infrastruktur, termasuk dalam sektor teknologi dan informatika melalui pembangunan serat optik nasional. Keberadaan akses pita lebar di berbagai daerah diharapkan dapat dinikmati kalangan masyarakat luas.

Sebelumnya, BNI juga mendukung pembiayaan Proyek Palapa Ring Paket Tengah. "Harapannya, satu per satu proyek infrastruktur strategis dapat dipercepat termasuk pembangunan jaringan serat optik di seluruh wilayah Indonesia, yang adalah tulang punggung pemerataan jaringan pita lebar atau broadband," ujarnya.

Pada 29 Maret 2017 Kementerian, Komunikasi dan Informatika akan menyerahkan sertifikat efektif proyek Kerja Sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU) Palapa Ring Paket Timur kepada PT Palapa Timur Telematika.

Adapun Proyek Palapa Ring Timur akan menjangkau NTT, Maluku, Papua, dan Papua Barat dengan total panjang jaringan 8.400 km. Proyek ini juga merupakan yang terpanjang diantara dua proyek lainnya.

3. Selain, paket timur, proyek palapa ring juga dibangun di regional barat (paket barat) dengan panjang kabel serat optik sekitar 2000 kilometer dan paket tengah dan panjang 2700 kilometer.

Pewarta: Indra Pribadi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017