Pasuruan (ANTARA News) - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf secara resmi membuka kompetisi Liga 3 PSSI Jatim tahun 2017 di Stadion R. Sudrasono Bangil, Kabupaten Pasuruan, Rabu.

"Semoga bergulirnya kompetisi Liga 3 ini membuat sepak bola Indonesia semakin luar biasa," ujarnya di sela sambutan pembukaan.

Secara simbolis, orang nomor dua di Pemprov Jatim itu menyerahkan bola kepada perangkat pertandingan, kemudian dilanjutkan menyalami seluruh pemain yang berlaga pada pertandingan perdana.

Laga awal kompetisi Liga 3 Jatim mempertemukan dua tim, yaitu tuan rumah Persekabpas Kabupaten Pasuruan melawan Persikapro Kabupaten Probolinggo.

Pada kesempatan tersebut, Wagub berharap Jawa Timur semakin diakui dan dikenal sebagai provinsi sepak bola yang memunculkan pemain-pemain terbaik sekaligus mampu membawa Indonesia berbicara di sepak bola internasional.

"Saya yakin Jatim mampu melakukannya dan sepak bola di sini menjadi kiblat nasional," ucap Gus Ipul, sapaan akrabnya.

Keyakinan tersebut, kata dia, didasari banyaknya klub-klub profesional yang bermain di liga sepak bola Indonesia, mulai Liga 1, Liga 2, bahkan mampu menggelar Liga 3 selama satu musim penuh.

"Sesuai data dari PSSI Jatim, klub di sini jumlahnya ratusan dan dari berbagai kota/kabupaten ada, ditambah 600 lebih pertandingan bakal digelar. Ditambah lagi suporter-suporternya yang dikenal sangat fanatik," katanya.

Sementara itu, Ketua PSSI Jatim M. Riyadh bersyukur bisa menjalankan roda Liga 3, bahkan mampu menggaet sponsor untuk kebutuhan selama kompetisi bergulir.

"Selama setahun, 41 tim se-Jatim berlaga di Liga 3 dengan jumlah pertandingan sekitar 600 laga. Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat," katanya.

Pria yang juga pengacara tersebut berharap sasaran Jatim sebagai provinsi sepak bola akan tercapai, termasuk menjadikan sepak bola sebagai industri yang berdampak positif bagi seluruh pihak.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017