Paris (ANTARA News) - Presiden terpilih Prancis Emmanuel Macron menegaskan kembali dukungannya terhadap pencalonan Paris untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2024 saat berbicara dengan kepala Komite Olimpiade Internasional (International Olympic Committee/IOC) Thomas Bach, ungkap panitia pencalonan Paris pada Jumat (12/5).

Inspektur senior IOC dijadwalkan akan tiba di Paris pada akhir pekan untuk melakukan tur ke sejumlah tempat yang diusulkan. Paris bersaing dengan Los Angeles untuk mendapatkan hak menjadi tuan rumah Olimpiade. 

Macron, yang terpilih pada Minggu, berbicara dengan Bach via telepon dan mengungkapkan "keterikatannya dengan proyek Paris untuk Olimpiade 2024 dan menegaskan komitmen lama Prancis untuk pencalonannya menjadi tuan rumah Olimpiade," ungkap komite pencalonan dalam sebuah pernyataan.

"Kami senang, bahkan sebelum peresmiannya sebagai presiden baru Prancis, bahwa dia sudah meluangkan waktu untuk berbicara dengan presiden IOC untuk menegaskan dukungan penuhnya untuk pencalonan Paris di Olimpiade 2024," ungkap salah satu pemimpin komite, Tony Estanguet, dalam sebuah pernyataan.

Komite Evaluasi IOC yang terdiri dari pejabat senior Olimpiade akan mengunjungi Paris selama tiga hari mulai Minggu. Mereka tiba setelah melakukan tur inspeksi serupa di Los Angeles, demikian dikutip dari AFP..(kn)



Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017