Pontianak (ANTARA News) - Sotong Pangkong meramaikan kuliner khas Ramadan di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat. Kuliner tersebut banyak dijumpai di sepanjang Jalan Merdeka Pontianak, mulai sore hingga malam hari.

Seorang penjual Sotong Pangkong, Sandi (39), di Pontianak, Rabu, mengaku sudah tiga tahun terakhir ini berjualan Sotong Pangkong di Jalan Merdeka Pontiakan, saat Ramadhan.

"Jualan musiman ini, saya lakukan untuk menambah penghasilan tambahan di bulan Ramadhan. Dan hasilnya lumayan bisa sebagai tambahan dalam merayakan Lebaran di keluarga kami," ungkapnya.

Sandi berjualan dibantu istri dan anaknya. Ia mematok harga per porsi tergantung besar kecilnya Sotong Pangkong. Satu porsi Sotong Pangkong ukuran kecil Rp20 ribu hingga Rp30 ribu.

Ramadhan di pontianak. 🦑🔨 #sotongpangkong #jajananramadhan #hanyedipontianak #startthefont

A post shared by Airways Boy (@ariandikesek) on


Ia mengatakan para pengunjung yang datang ke tempatnya untuk menikmati jajanan Sotong Pangkong tidak hanya masyarakat Kota Pontianak, melainkan tidak sedikit dari luar kota yang kebetulan menginap di Pontianak.

Penikmat Sotong Pangkong, mulai anak-anak, remaja, hingga orang tua. Mereka duduk beralas karpet, menikmati kuliner itu sambil bercengkerama, baik bersama keluarga maupun para teman.

"Pengunjung juga dapat menikmati udara malam hari di Kota Pontianak," ujarnya.

Arti di balik nama "Sotong Pangkong"

Kuliner Sotong Pangkong berbahan dasar sotong (cumi) kemudian ditambah sambal kacang. Jajanan itu merupakan menu khas Melayu Pontianak saat Ramadan di kota itu.

Seorang pedagang lainnya, Dewi, menjelaskan kuliner itu disebut Sotong Pangkong karena cara penyajiannya, cumi-cumi yang sudah dikeringkan itu, setelah dipanggang, kemudian dipukul-pukul yang dalam bahasa Melayu disebut dengan dipangkong.

Sotong dipukul-pukul dengan menggunakan palu agar rasanya gurih.

"Sotong yang sudah di-pangkong tersebut dihidangkan dan siap disantap enak dengan ulekan kacang tanah yang dibuat sambal cair pedas," ujarnya.

Seorang pengunjung warung Sotong Pangkong asal Landak, Vovin (34), mengaku singgah di tempat itu bersama suami, anak, dan beberapa temannya untuk mencoba menikmati kuliner Pontianak tersebut.

"Kebetulan saya dengan beberapa teman yang sudah lama tidak ketemu, sehingga kami reunian sambil menikmati Sotong Pangkong. Selain memang rasanya enak harganya pun terjangkau," ujarnya.

Pewarta: Andilala
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017