Bengkulu (ANTARA News) - Puluhan mahasiswa Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Bengkulu menanam seratusan mangrove jenis Rhizophora apiculata di muara Sungai Hitam, Kota Bengkulu.

Penanaman mangrove ini bagian dari peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang digelar pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Poltekkes, kata Koordinator aksi penanaman, Atus Karya Dinata di Bengkulu, Minggu.

Ia mengatakan penanaman mangrove di muara Sungai Hitam tersebut diharapkan mampu memperbaiki ekosistem mangrove di wilayah itu.

Penanaman mangrove yang dilakukan bersama anggota Komunitas Mangrove Bengkulu itu juga untuk mempertebal vegetasi mangrove di muara sungai tersebut.

"Kami mendapat informasi bahwa mangrove di sini terus berkurang karena ada beberapa nelayan yang menebang mangrove untuk bahan pewarna kapal," kata Atus.

Ia berharap lewat penanaman bersama itu, masyarakat dan nelayan yang mencari ikan di sekitar muara Sungai Hitam turut terlibat menjaga dan melestarikan mangrove di area tersebut.

Mangrove kata Atus merupakan benteng hijau pesisir dari ancaman abrasi dan menjadi tempat berkembangbiak sejumlah biota muara seperti kepiting, udang dan lainnya.

Anggota Komunitas Mangrove Bengkulu, Ziyak Uzzikri mengatakan penanaman mangrove di muara Sungai Hitam penting untuk memperbaiki ekosistem mangrove di wilayah itu.

"Kelemahannya adalah area ini bukan kawasan lindung atau konservasi sehingga kesadaran masyarakat untuk bersama menjaga sangat penting," katanya.

Pewarta: Helti Marini Sipayung
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017