Jakarta (ANTARA News) - Guberur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meminta agar para pendatang baru segera melaporkan kedatangannya kepada pengurus RT dan RW setempat.

"Tiba di Jakarta, pendatang harus langsung lapor kepada RT dan RW yang ada di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing," kata Djarot di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu.

Menurut dia, seluruh pendatang baru harus memiliki tujuan yang jelas, jaminan tempat tinggal serta surat pengantar dari pengurus RT dan RW di daerah asalnya.

"Semua pendatang baru di Jakarta harus punya tujuan yang jelas, mau tinggal di mana dan harus ada surat pengantar dari RT dan RW di daerahnya," ujar Djarot. 

(Baca: Pengelola rusun diminta data pendatang)

Lebih lanjut, dia mengimbau kepada seluruh pendatang agar membekali diri dengan pekerjaan atau keahlian khusus sebelum memutuskan untuk datang ke Jakarta. 

"Jakarta ini kota yang terbuka untuk siapa saja. Siapa saja boleh datang. Yang tidak diperbolehkan itu kalau datang, kemudian mengemis atau mendirikan bangunan liar," tutur Djarot.

Mantan Wali Kota Blitar itu mengungkapkan apabila kehidupan para pendatang semakin memburuk, misalnya tinggal di gerobak, maka akan dibawa ke panti sosial.

"Dulu kan pernah sampai ada orang-orang yang tinggal di gerobak, tinggal di kereta. Kalau sampai terjadi seperti ini, maka orang-orang itu akan kami bawa ke panti-panti sosial," ungkap Djarot. 

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017