Tangerang (ANTARA News) - Job Fair Kota Tangerang menyiapkan lowongan kerja untuk di luar negeri mencapai 4.700 lowongan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Tangerang, Banten, Moh. Rakhmansyah, pada Rabu menuturkan, untuk pekerjaan ke luar negeri seperti Korea yang meliputi bidang manufaktur dan perikanan. Sedangkan untuk ke Jepang yakni perawat.

Sementara itu untuk lowongan dalam negeri sebanyak 4461 yang terdiri dari akuntan, auditor, IT, HRD, apoteker, engineer, perbankan, ritel, konveksi, dan jasa.

"Untuk Job Fair tahun ini disiapkan sebanyak 9.161 lowongan pekerjaan dan diikuti oleh 45 perusahaan," paparnya.

Moh. Rakhmansyah juga menyampaikan, adanya Job Fair ini tak lain sebagai upaya memenuhi kebutuhan masyarakat untuk bekerja dan mendapatkan penghasilan sesuai dengan bakat serta minat, pengetahuan serta keterampilannya. Selain itu, dapat terpenuhinya kebutuhan perusahaan terhadap tenaga kerja.

Sebagai kota industri di mana terdapat sekitar 3301 perusahaan, yang juga sebagai salah satu sektor penunjang perekonomian di Kota Tangerang.

"Tentu kami harapkan hadirnya Job Fair dapat turut menjawab kebutuhan masyarakat dalam upaya meningkatkan tingkat perekonomiannya," katanya.

Job Fair Kota Tangerang dilaksanakan mulai tanggal 18-20 Juli 2017 di Mall Metropolis Town Square. Setiap harinya, ribuan masyarakat memadati seluruh stand yang dibuka oleh perusahaan.

Wali Kota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah mengapresiasi kepada semua perusahaan yang terlibat dalam Job Fair kali ini dan berharap bisa terus membuka lapangan kerja baru.

Apalagi hampir tiga ribuan industri dan ribuan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terus Pemkot Tangerang dorong melalui kegiatan-kegiatan seperti festival dan lainnya, agar yang tadinya usaha mikro dapat semakin berkembang menjadi usaha menengah hingga usaha besar.

Oleh karena itu, Ia meminta agar kepada masyarakat Kota Tangerang, untuk terus meningkatkan kualitas kompetensi, kapabilitas, keahlian dan bersungguh-sungguh dalam bekerja, berkarya di Kota Tangerang sebagai Kota Seribu Industri, Sejuta Jasa.

"Peluang tersebut tentu sebuah kesempatan yang harus dapat dimanfaatkan dengan baik, dengan terus meningkatkan kualitas diri," tuturnya.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017