Padang (ANTARA News) - Sapi dengan berat 1,2 ton untuk kurban kiriman Presiden Joko Widodo bagi masyarakat Sumatera Barat disalurkan untuk 600 orang di daerah pinggiran kota setempat atau daerah yang minim mengadakan penyembelihan hewan kurban.

"Kami memang mengutamakan masyarakat daerah pinggiran untuk mendapatkan daging kurban dari Presiden Jokowi itu, daerah tersebut seperti di Bungus dan Koto Tangah," kata Panitia Kurban Masjid Raya Sumbar Yulius Said, di Padang , Minggu.

Selain itu, daging kurban tersebut juga akan dibagikan kepada panti asuhan yang kondisinya kurang pasokan daging.

"Dalam pembagian daging, warga yang menjemput bukan panitia yang mengantarkan, karena masyarakat yang memperoleh kupon tersebut tersebar sehingga menyulitkan pengantarannya," ujarnya lagi.

Berbeda dengan tahun lalu, kata dia, saat ini kurban yang diberikan Presiden Jokowi hanya satu ekor sapi, sehingga diperkirakan pemotongan dan pembagian dagingnya selesai dalam satu hari.

Sekretaris Daerah Sumbar Ali Asmar mengatakan bantuan sapi kurban itu diserahkan langsung kepada panitia kurban untuk disembelih dan dibagikan kepada masyarakat sekitar.

"Proses penyembelihan lancar dan tidak ditemukan penyakit apa pun pada hewan kurban itu, artinya daging sapi ini layak dibagikan dan juga dikonsumsi," ujarnya pula.

Ia berharap daging kurban ini pembagiannya bisa tepat sasaran dan dapat bermanfaat dalam pemenuhan gizi masyarakat setempat.

(T.KR-AGP/B014)

Pewarta: Agung Pambudi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017