Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan hari ini mengumumkan pemenang kompetisi Gerakan Nasional Revolusi Mental yang terdiri dari kategori fotografi, komim strip, cipta lagu, dan video Instagram.

"Tujuan lomba, nilai revolusi mental bisa tersosialisasi," kata Sekretaris Kemenko PMK, Y.B. Satya Sananugraha, saat pengumuman pemenang lomba skala nasional tersebut.

Dalam kategori fotografi, kontestan asal Sulawesi Selatan, Herwin Gunadi keluar sebagai juara pertama dengan foto berjudul "Gotong Royong".

Juara kedua dan ketiga masing-masing diraih oleh Arief Budiman (Jawa Tengah) dengan "Layani Kesehatan Warga" dan Fadli Akbar (Jawa Barat) "Hadang Jalur Sepeda".

Kontes video singkat di Instagram dimenangkan oleh, dari urutan pertama hingga favorit, Ardie Candra Firstiant (Jawa Timur) dengan "Yang Muda Yang Bisa", Putu Bayu Ariwiguna (Bali) "Indonesia Bersatu", Komang Frederich (Bali) "Mulai Dari Hal Kecil" dan Erwin Agus Prabowo (Surabaya) "Gelas Kaca & Kemerdekaan Indonesia".



Untuk kategori komik strip, terpilih sebagai juara pertama Rabendra Yudistira Alamin (Jawa Timur) "Prasangka" diikuti Dody Yudo Winarto (Jawa Tengah) "Dengar Kata Ibumu!" dan Supriyanto (Tangerang) dengan "Absurd".

Sementara itu, Rahmatsyam Lakoro dari Jawa Timur menjadi juara favorit kategori komik strip berjudul "Teladan Hilang di Jalan".



Kemenko PMK juga membuka kategori cipta lagu bertema Revolusi Mental, dengan grup Child Out (Jakarta) "Revolusi Mental", Romeir Agus (Kalimantan Selatan) "Indonesia Hidup Mati Kita" dan Jefry Albari (Kalimantan Selatan) "Revolusi Mental" masing-masing menjadi pemenang pertama, kedua dan ketiga.


Kemenko PMK menggandeng para profesional pada masing-masing kategori lomba untuk menjadi juri, antara lain adalah Kepala Divisi Pemberitaan Foto ANTARA Hermanus Prihatna, komikus Mice, vokalis grup Bumerang Roy Jeconiah dan pemerhati konten kreatif di media sosial Eko Harsoselanto.

Masing-masing juara mendapatkan hadiah berupa sejumlah uang atau perangkat elektronik yang dapat menunjang pekerjaan.

Menurut Satya, karya yang keluar sebagai juara akan dipakai oleh Kemenko PMK untuk memperkenalkan nilai-nilai Revolusi Mental kepada masyarakat.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017