Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mendorong BUMN dan swasta agar menerima satu persen karyawan dari penyandang disabilitas atau kaum difabel sesuai perintah UU No: 8/2016 tentang Penyandang Disabilitas.

"Akses yang setara dan kehidupan yang inklusif bagi penyandang disabilitas adalah amanat undang-undang yang harus dikawal bersama. Sudah bukan zamannya lagi membeda-bedakan warga negara dari kekurangan fisik dan keterbatasannya," kata Cak Imin saat mengisi pelatihan pengembangan kapasitas bagi penyandang disabilitas di Surabaya, Minggu (5/11).

Peraih gelar honoris causa dari Universitas Airlangga ini menyatakan siap mengawal dan mendampingi penuh tujuan-tujuan pemenuhan hak politik, sosial, ekonomi, maupun budaya penyandang disabilitas.

"PKB siap berada di garda depan mengawal implementasi UU No: 8/2016 yang telah jelas mengatur adanya kesamaan akses, perlakuan, perlindungan, hak menyatakan pendapat, hak berprestasi, dan hak-hak lainnya untuk penyandang disabilitas," kata Cak Imin.

Keponakan Gus Dur itu juga memotivasi para pemuda penyandang disabilitas agar tidak pernah menyerah dan pantang mundur dalam mewujudkan cita-citanya.  

Untuk mendorong adanya perlakuan yang setara, aspek kesamaan hak dan akses bekerja di sektor dunia usaha, Cak Imin meminta pemerintah dan juga mengimbau dunia usaha baik BUMN maupun swasta agar mewujudkan satu persen lapangan kerja bagi penyandang disabilitas.

"Sebagai wujud konkret memperhatikan nasib kaum difabel, seyogianya pemerintah dan dunia usaha memberikan satu persen lapangan kerja bagi mereka. Saya sudah sampaikan ke Menteri Ketenagakerjaan, dan mengimbau dunia usaha memberikan satu persen saja dari pos pegawai mereka untuk difabel. Satu persen itu tidak besar, tapi ini harus dimulai untuk menunjukkan komitmen bangsa ini pada penyandang disabilitas," kata Cak Imin dalam keterangan persnya.

Pelatihan yang digelar oleh Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) ini dalam rangka pengembangan kapasitas diri para penyandang disabilitas. Ketum PPDI Ghufron Sakaril menyatakan rasa syukur dan terima kasihnya atas dukungan penuh Cak Imin.

"Komitmen beliau sebagai tokoh nasional muda dalam pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas sangat penting bagi kami. Rasanya senang dan membanggakan kami dapat didukung dan dimengerti oleh Cak Imin," kata Ghufron.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017