Malang (ANTARA News) - Ketua DPW Partai NasDem Jawa Timur Rendra Kresna menyatakan keputusan calon wakil gubernur (cawagub) dalam Pilkada Jatim 2018 ada di tangan Khofifah Indar Parawansa sebagai calon gubernur (cagub) yang diusung partai tersebut.

"Ada beberapa nama yang sudah mencuat dan saya rata-rata kenal baik semua, kecuali Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) karena yang bersangkutan lebih banyak berada di Jakarta. Semua bagus, namun siapa yang bakal digandeng dan mendampingi bu Khofifah tergantung beliau," kata Rendra Kresna di Malang, Jawa Timur, Kamis.

Beberapa nama yang muncul untuk mendampingi Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa sebagai Cagub yang diusung Partai NasDem dalam perhelatan Pilkada Jatim 2018, di antaranya adalah Hasan Aminuddin dari Partai NasDem, Emil Dardak Bupati Trenggalek, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dari Partai Demokrat dan Ipong Muchlissoni Bupati Ponorogo.

Menurut Rendra, nama- nama calon pendamping Khofifah Indar Parawansa tersebut memiliki elektabilitas yang bagus, sepak terjang mereka juga bagus.

Hasan Aminuddin merupakan kader Partai NasDem (anggota DPR RI) dan tokoh agama. Dia juga sukses menjadi Bupati Probolinggo dua periode. Sedangkan Ipong dan Emil merupakan tokoh publik yang juga memiliki kinerja bagus dan diterima masyarakat daerahnya masing-masing.

Lebih lanjut, Rendra mengaku dirinya sebagai kader partai juga akan mengikuti instruksi pimpinan terkait pencalonan tersebut. Meski nanti yang akan mendampingi Khofifah bukan kader Partai NasDem, dirinya tetap akan mengikuti instruksi dari pusat.

"Jadi siapa pun yang akan mendampingi Bu Khofifah, NasDem Jatim akan tetap solid dalam satu barisan," kata Rendra yang juga Bupati Malang tersebut.

Bahkan, lanjutnya, Khofifah Indar Parawansa sebagai Ketua Muslimat NU sudah menjadi representatif dari partai yang mengusung semangat restorasi tersebut. "Bu Khofifah sendiri adalah representatif dari Partai NasDem, meskipun bukan anggota Partai NasDem," terangnya.

Menyinggung dirinya yang kemungkinan juga didapuk sebagai salah satu kandidat pendamping Khofifah, Rendra secara tegas mengatakan dirinya akan menyelesaikan tugas-tugasnya sebagai Bupati Malang.

"Sesuai janji politik saya, saya akan menuntaskan tugas-tugas sebagai bupati," ujarnya.

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017