Lampung Timur  (ANTARA News) - Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan mengajak semua pihak menjaga Taman Nasional Way Kambas yang kaya akan keanekaragaman hayati.

"Mari kita jaga dan kita lestarikan Taman Nasional Way Kambas," kata Zulkifli Hasan saat menghadiri Festival Way Kambas 2017 di Pusat Konservasi Gajah Taman Nasional Way Kambas, Lampung Timur, Minggu.

Menurut mantan Menteri kehutanan era Presiden SBY ini, Taman Nasional Way Kambas kaya dengan keaneragaman hayati.

"Badak ada di sini, gajah juga jumlahnya sengat terbatas, belum lagi jenis satwa lainnya dan jenis-jenis tanamanya yang tiada duanya di dunia dan ini harus dijaga," ujarnya.

Dia menyatakan menjaga Taman Nasional Way Kambas tidak bisa dibebankan kepada pemerintah saja, namun semua pihak harus terlibat..

"Ini adalah tanggung jawab semua pihak, bukan urusan bupati atau Kementerian Kehutanan saja tapi urusan semua masyarakat termasuk wartawan, harus ada kepedulian, " tambahnya.

Sebelumnya, pembukaan Festival Way Kambas 2017 di Pusat Konservasi Gajah Taman Nasional Way Kambas, Kabupaten Lampung Timur, Sabtu (11/11) diramaikan parade 17 ekor gajah jinak Way Kambas.

Parade 17 ekor gajah jinak Way Kambas sejauh sekitar 300 meter dari lokasi singgah adalah untuk membawa Ketua PKB Muhaimin Iskandar dan Gubernur Lampung M Ridho Ficardho menuju panggung tempat dilangsungkanya pembukaan Festival Way Kambas 2017. Turut serta menunggang gajah, Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim dan wakilnya Zaiful Bokhari dan Sekda Lampung Timur Syahrudin Putera.Parade gajah ini diiringi pawai budaya dan iringan Pasukan Pencak Silat Kuttau Lampung

Tari Kuttau Lampung, Tari Melinting dan tari kreasi pun dipersembahkan untuk menambah semarak pembukaan festival pamungkas Pemkab Lampung Timur ini.

Pewarta: Triono Subagyo
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2017