Jakarta (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memerkirakan sebagian wilayah Jakarta, dan Depok, Tangerang, Bekasi, Bogor akan dilanda hujan disertai angin kencang pada Selasa siang hingga menjelang malam.

"Waspada potensi hujan disertai kilat, petir dan angin kencang di Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Depok, Tangerang, Bekasi, Bogor," tulis BMKG dalam pernyataan resmi mengenai perkiraan cuaca di Jakarta, Selasa pagi.

Sementara wilayah Jakarta lainnya seperti Jakarta Barat dan Jakarta Pusat diperkirakan hanya diguyur hujan ringan pada Selasa siang yang berlanjut hingga malam. Untuk cuaca di Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, BMKG memperkirakan cuaca akan cerah.

Namun, cuaca Jakarta Utara pada malam hari diperkirakan akan hujan.

"Hujan ringan terus berlanjut di Jakarta Barat dan Pusat pada malam hari serta Jakarta Utara. Wilayah DKI Jakarta lainnya pada Selasa malam cerah," tulis laporan BMKG.

Di sisi lain, mengikuti perkembangan hujan deras pada Senin malam, tinggi pintu air di wilayah DKI Jakarta sempat terjadi kenaikan, namun kembali berangsur normal pada Selasa dinihari.

Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta pada pukul 05.00 WIB Selasa, hanya tinggi air di pintu air Pasar Ikan yang masih berada pada status siaga III atau waspada, dengan tinggi air 176 sentimeter. Tinggi air di Pasar Ikan terpantau terus meningkat sejak Senin malam.

Sedangkan tinggi air di seluruh pintu air lainnya di Jakarta pada pukul 05.00 WIB masih dalam status siaga IV atau aman, seperti tinggi air di Katulampa yang stagnan di 40 sentimeter (status aman) ataupun di Angke Hulu yang terus berada pada ketinggian air 70 sentimeter (status aman).

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017