kita berbagi pengalaman mengenai bagaimana Indonesia menangani konflik yang pernah ada di Indonesia dan bagaimana ...Indonesia merangkai 17.000 pulau menjadi satu Indonesia. Karena beliau tahu bahwa banyak sekali suku, etnis, agama yang ada di Indone
Bogor, Jabar (ANTARA News) - Ibu Negara Afghanistan Rula Ghani yang melakukan kunjungan kehormatan ke Indonesia dan bertemu Presiden Joko widodo menceritakan kekagumannya terhadap Indonesia.

"Beliau menceritakan kekagumannya terhadap apa yang dilakukan atau kemajuan yang dialami oleh para perempuan Indonesia," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ditemui usai mendampingi Presiden menerima Rula di Istana Kepresidenan Bogor pada Selasa.

Menurut Retno, Rula menyampaikan banyak organisasi di bidang kewanitaan yang membantu serta memberdayakan perempuan di Indonesia.

Rula menyatakan dirinya ingin kembali ke Indonesia untuk meninjau bagaimana peranan wanita di tingkat masyarakat di desa-desa.

"Misalnya Wahid Institute telah memiliki kerjasama yang sudah sangat maju dengan UN Woman untuk pemberdayaan perempuan pada level di tingkat `grassroot level`. Itu hal-hal yang beliau ingin dalami lagi," ujar Menlu.

Rula juga membahas peran perempuan Indonesia yang diberdayakan untuk membantu mendorong ekonomi melalui kegiatan UMKM.

Selain itu, Indonesia dan Afghanistan juga bekerjasama dalam penciptaan perdamaian.

"Jadi `peace building` ini diharapkan, misalnya, kita berbagi pengalaman mengenai bagaimana Indonesia menangani konflik yang pernah ada di Indonesia dan bagaimana Indonesia merangkai 17.000 pulau menjadi satu Indonesia. Karena beliau tahu bahwa banyak sekali suku, etnis, agama yang ada di Indonesia tetapi kita masih satu Indonesia," jelas Retno.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017