Mangupura (ANTARA News) - Sekretaris Daerah Kabupaten Badung, Bali, Wayan Adi Arnawa menegaskan kembali kepada seluruh warga dan wisatawan yang ada di Kuta, bahwa Pulau Dewata aman untuk dikunjungi pelancong meskipun status Gunung Agung masih dalam level IV atau awas.

"Kami yakinkan kembali kepada wisatawan yang datang ke Kuta saat malam pergantian tahun, bahwa Bali masih aman dikunjungi," ucap Adi Arnawa di Mangupura, Senin.

Dikatakan, bukti Bali aman dikunjungi bahwa akses penerbangan masih tetap berjalan normal dari dalam maupun luar negeri, sehingga pihaknya menjamin bahwa apabila terjadi bencana erupsi Gunung Agung, pemerintah daerah sudah memiliki upaya mitigasi untuk membantu wisatawan.

Dalam kegiatan peninjauan suasana malam tahun baru beberapa waktu lalu, Adi Arnawa juga sempat berbaur langsung dengan masyarakat saat perayaan malam pergantian tahun baru di Kuta, dimana wisatawan mancanegara dan domestik yang datang jumlahnya sangat banyak. 

Ia juga meyakini kunjungan wisatawan terutama dari mancanegara akan kembali meningkat pada tahun 2018.

Adi Arnawa juga menilai berdasarkan pantauan antusiasme lautan manusia menunggu detik-detik pergantian tahun baru di Kuta menjadi bukti Bali sangat aman dan layak untuk dikunjungi wisatawan.

"Ini artinya Badung khususnya dan Bali pada umumnya sangat aman dan layak untuk dikunjungi. Untuk itu mari kita serukan, mari kita infokan kepada dunia luas bahwa Bali itu aman dan layak untuk dikunjungi," ujar Adi Arnawa.

Hal senada juga diungkapkan Kapolda Bali Irjen Pol Petrus R. Golose saat menghadiri perayaan malam pergantian tahun baru di Kuta, Bali, mengatakan berdasarkan laporan dari selururuh jajarannya, kondisi Bali pada saat peralihan Tahun 2017 menuju Tahun 2018 sangat kondusif.

"Kondisi kondusif ini bisa kita liat sendiri dengan ramainya masyarakat serta wisatawan hadir di Kuta. Ini berarti Bali itu aman. Bali itu Kondusif," katanya.

Pewarta: I Made Surya Wirantara Putra
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018