Bandung (ANTARA News) - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menitipkan sembilan poin agenda kepada pasangan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum untuk direalisasikan apabila terpilih sebagai gubernur Jawa Barat dalam Pilkada 2018.

"Kami minta sembilan agenda lahir batin yang telah kami rumuskan untuk bisa diamalkan untuk kepentingan warga Jabar," ujar Ketua DPW PKB Jabar Syaiful Huda saat menyerahkan SK rekomendasi di kantor DPW PKB Jabar, Senin.

Sembilan poin agenda ini disodorkan PKB sebagai pengganti tidak bisa mengantarkan kadernya menjadi pendamping Ridwan Kamil. Kesembilan poin ini dinmai Agenda Lahir Batin sebagai visi misi Emil-Uu.

Poin pertama, Emil harus menggerakkan, menjaga, dan memfasilitasi pembangunan dan pengembangan pesantren, masjid dan tajuk, keberlangsungan madrasah diniyah dan majelis taklim dengan memperhatikan kesejahteraan guru ngaji.

Poin kedua, menguatkan kesejahteraan ekonomi umat jabar, dengan menciptakan saudagar santri dan meningkatkan kapasitas UMKMmelalui pemberian akses jejaring ekonomi dan pendampingan yang intensif.

Ketiga, membuka lapangan kerja baru, menciptakan ekonomi kreatif dengan cara menumbuhkembangkan enterpreneur muda urban dan desa untuk mengurangi pengangguran di Jawa Barat.

Keempat, menjamin keberlangsungan pasar tradisional dan warung rakyat dengan sistem zonasi retail modern dan merevitalisasi pasar tradisional.

Kelima, meningkatkan pendapatan petani dan nelayan dengan cara menciptakan skala ekonomi, melalui pengembangan program unggulan kawasan pedesaan.

Keenam, mengarusutamakan kelompok perempuan melalui pemberdayaan usaha ekonomi, dan meningkatkan akses serta pelayanan kesehatan ibu dan anak.

Ketujuh, mewujudkan pemerataan ekonomi dan keadilan pembangunan di Jawa Barat melalui percepatan pemekaran, pembangunan megapolitan, dan pembangunan kawasan Jabar Selatan.

Kedelapan, mengurangi tingkat kemiskinan dengan mempercepat pelaksanaan program reforma agraria dan perhutanan sosial melalui redistribusi tanah dan legalisasi aset untuk masyarakat Jawa Barat.

Kesembilan, mendorong percepatan kemandirian ekonomi desa dengan cara menggerakan dan pengembangan BUM desa, pariwisata desa, serta pengalokasian dana desa dari APBD provinsi sebagai dana pendamping dana desa dari APBN.

Sembilan poin ini, kata Syaiful, harus menjadi prioritas pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum apabila terpilih dalam Pilgub Jabar 2018.

Ridwan Kamil sendiri menyebut sembilan poin dari PKB itu program kerja yang sebelumnya telah ia canangkan untuk prioritas pembangunan Jawa Barat ke depan. M0eski begitu, sembilan poin ini diakuinya akan semakin menguatkan visi misinya untuk memenangkan Pilgub Jabar nanti.

"Jadi tanpa diminta pun saya sudah mempunyai konsep yang sama dengan sembilan poin agenda PKB. Karena sudah diagendakan akan menambahi kekuatan pemikiran," kata Kang Emil.


Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018