Surabaya (ANTARA News) - Politisi PDIP yang juga Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengajak warga Kota Pahlawan memilih Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarnoputri pada Pilkada Jawa Timur tahun ini.

Tri Rismaharini menyebut Gus Ipul-Puti bisa membantu menyelesaikan persoalan-persoalan Jawa Timur yang masih belum terselesaikan dan akan lebih mensejahterakan masyarakat Jawa Timur.

"Marilah kita sama-sama dukung, Insyaallah kalau dukung pasangan ini maka dunia akhirat dapat," kata Risma di Surabaya, Kamis.

Pernyataan ini sebelumnya juga dikatakan Risma saat didaulat sebagai pembicara pertama dalam prosesi pemberangkatan Gus Ipul-Puti dari kantor DPD PDIP Jatim di Jalan Kendangsari ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim di Surabaya, Rabu malam kemarin.

Saifullah Yusuf sebelumnya menilai keputusan dipasangkan dengan Puti Guntur Soekarno pada Pilkada sebagai takdir.

"Tidak ada rencana, bahkan sampai detik terakhir. Dan yang pasti, tanpa ada campur tangan dari Allah SWT maka ini tak akan terjadi," ujarnya.

Wakil Gubernur Jatim ini mengaku selama ini pernah bertemu dengan Puti dalam beberapa kesempatan, antara lain menghadiri Haul Bung Karno tahun lalu dan ketika menunaikan ibadah haji sekitar 1999.

"Saat itu saya bersama Cak Imin (ketua umum DPP PKB Muhaimin Iskandar) dan kiai-kiai awal era reformasi sempat bertemu di Tanah Suci," katanya.

Terhadap kualitas Puti, Gus Ipul yang juga cicit pendiri NU K.H. Bisri Syansury, memuji kemampuan dan kapasitas anggota DPR RI dua periode tersebut, bahkan memiliki banyak pengalaman karena termasuk aktivis, dosen, energik dan aktif berorganisasi.

"Saya yakin dan optimistis Mbak Puti tidak diragukan kemampuannya. Nantinya, masyarakat Jatim akan mengenal dan cinta terhadap Mbak Puti," kata Gus Ipul.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018